page hit counter
Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa Selama Masa Pandemi

Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa Selama Masa Pandemi

Seluruh elemen masyarakat mengalami masa sulit selama pandemi saat ini. Hal ini juga tidak terkecuali bagi para mahasiswa. Apalagi sebagian besar dari mahasiswa saat ini juga terus melakukan kelas online yang membutuhkan biaya tambahan seperti paket data dan lainnya. Ini membuat pengeluaran selama menjadi mahasiswa juga semakin bertambah. Namun, kamu bisa mencoba untuk mengambil peluang untuk memulai bisnis selama masa pandemi ini. Bahkan, bisnis untuk para mahasiswa ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengganggu kegiatan belajar online. Beberapa pilihan dari bisnis untuk mahasiswa selama masa pandemi memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Pilihan bisnis untuk mahasiswa selama masa pandemi

Ada beberapa rekomendasi dari bisnis untuk mahasiswa selama masa pandemi yang bisa dicoba. Masing-masing dari bisnis ini bahkan membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Namun, kamu harus memiliki komitmen dan konsisten dalam menjalankan bisnis itu. Kondisi seperti ini yang akan memudahkan kamu dalam mendapatkan keuntungan sesuai dengan target dan bidang bisnis. Tata kelola bisnis yang baik juga mempengaruhi pengembangan bisnis ini selama masa pandemi. Berikut ini ada beberapa rekomendasi dari bisnis untuk mahasiswa selama masa pandemi yang bisa dicoba seperti:

1. Menjual paket data secara online

Salah satu rekomendasi dari bisnis untuk mahasiswa selama masa pandemi dimulai dengan menjual paket data secara online. Saat ini kebutuhan data internet semakin bertambah. Bahkan, penggunaan data internet juga semakin meningkat selama masa pandemi. Kamu bisa mencoba untuk menawarkan paket data secara online dengan harga yang lebih terjangkau. Metode seperti ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform sosial media. Namun, kamu juga harus ingat bahwa bisnis seperti ini membutuhkan nilai modal yang cukup besar. Tentu saja keuntungan yang bisa kamu raih juga cukup besar.

2. Menawarkan jasa desain grafis

Bisnis lain yang bisa dicoba dengan membuka jasa desain grafis. Biasanya bisnis ini sering dilakukan bagi para mahasiswa DKV, Ilmu Komunikasi hingga mahasiswa Desain Grafis. Bisnis jasa ini memberikan nilai keuntungan yang cukup besar. Apalagi kebutuhan desain grafis saat ini semakin meningkat untuk bisnis dan industri. Untuk memulai bisnis ini kamu membutuhkan berbagai platform untuk menampilkan portfolio contoh desain yang sudah dibuat. Setelah itu, kamu juga harus aktif di berbagai forum online dan marketplace untuk menawarkan jasa ini.

3. Dropshipping

Mungkin kamu juga bisa mencoba untuk memulai bisnis dropshipping. Metode bisnis ini memang berbeda dibandingkan dengan bisnis online lainnya. Kamu hanya bertindak sebagai perantara penjualan produk dari supplier. Seluruh proses pengiriman produk akan dilakukan supplier. Namun, bisnis ini biasanya membutuhkan modal cukup besar sesuai dengan pilihan produk yang ditawarkan.

4. Bimbingan online

Bagi para mahasiswa juga bisa membuka bisnis jasa bimbingan online. Kondisi pandemi seperti ini membuat mahasiswa menawarkan jasa bimbingan secara terbatas untuk usia tertentu. Apalagi metode seperti ini juga dianggap sangat efisien untuk dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Cobalah tawarkan bimbingan online yang disesuaikan dengan materi pelajaran dari sekolah siswa.

5. Jasa pembuatan web

Bisnis jasa seperti pembuatan web juga bisa menjadi pilihan bagi para mahasiswa. Biasanya bisnsi ini cocok untuk mahasiswa Informatika atau DKV. Kebutuhan website yang semakin meningkat akan memberikan peluang besar untuk mendapatkan nilai keuntungan yang lebih besar juga.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS