page hit counter
Wajib List! 8 Destinasi Musim Gugur Terindah Di Jepang

Wajib List! 8 Destinasi Musim Gugur Terindah Di Jepang

Di Jepang, musim gugur sering kali digambarkan sebagai musim yang penuh dengan makanan, karena di waktu-waktu inilah berbagai jenis makanan yang dikatakan paling lezat hadir. Musim gugur juga disebut-sebut sebagai musimnya olahraga, hal ini dikarenakan cuacanya yang lebih bersahabat dibandingkan dengan musim panas yang terik hingga membuat aktivitas fisik pun lebih mudah daripada beberapa bulan sebelumnya.

Oleh sebagian orang, saat-saat seperti ini tentunya juga sering dimafaatkan untuk keluar rumah dan pergi mengunjungi berbagai tempat wisata. Terlebih, selain musim bunga sakura yang selalu populer, musim gugur di Jepang adalah salah satu waktu terbaik untuk pergi ke Jepang. Perubahan warna di musim gugur, yang secara lokal disebut sebagai koyo, sangat dinanti, dimana dedaunan akan berubah dari hijau menjadi warna kuning, emas, dan merah yang menakjubkan.

Ada banyak waktu untuk menikmati keindahan musiman gugur ini, dimulai dari akhir bulan September hingga berakhir di bulan Desember. Berikut ini adalah daftar tempat-tempat dengan pemandangan terbaik untuk menikmati keindahan musim gugur di Jepang menurut situs Timeout.

Kuil Ruriko-in, Kyoto

Kuil Ruriko-in
Photo: Hsu Yu Sheng/Dreamstime

Kuil Ruriko-in yang indah di Kyoto jadi tempat Instagramable dan cocok untuk melihat dedaunan musim gugur. Hanya buka dua kali dalam setahun, sekali di musim gugur dan satu lagi di musim semi. Terletak di dekat Gunung Hiei dan dikelilingi oleh alam yang rimbun, kuil ini terkenal dengan momiji merahnya (maple Jepang) yang cemerlang pada musim gugur, dan tempat terbaik untuk memotretnya adalah dari lantai dua gedung Shoin kuil.

Ruangan di kuil ini memiliki lantai dan meja berlapis hitam yang dipoles dengan sangat baik sehingga mencerminkan dedaunan di luar jendela, sehingga menciptakan efek visual yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kuil Ruriko-in ada dari pertengahan hingga akhir bulan November.

Arashiyama, Kyoto

Arashiyama
Photo: Tawatchai Prakobkit/Dreamstime

Arashiyama sangat terkenal dengan hutan bambunya, namun pedesaan di Kyoto menawarkan dedaunan musim gugur yang indah, ke mana pun kalian berbelok, semua view pegunungan berhutan disini dihiasi oleh warna kemerahan, kuning, dan merah. Pemandangannya sangat menakjubkan, di sekitar area ini juga terdapat banyak kuil termasuk diantaranya kuil Tenryuji dan Jojakkoji.

Jangan lupa untuk mampir ke Sungai Katsuragawa, di mana perahu-perahu nelayan milih warga sekitar berkelok-kelok melewati pegunungan yang berwarna berapi-api. Untuk mengejar peak season, waktu yang cocok untuk berkunjung ke Arashiyama mulai dari pertengahan November hingga Desember.

Danau Towada, Aomori

Danau Towada
Photo: Ken Cheung/Unsplash

Danau kaldera terbesar yang ada di pulau Honshu Jepang ini adalah pemandangan yang harus dilihat saat musim gugur tiba. Karena cuaca cenderung lebih dingin di utara Aomori, pepohonan di sini pun cenderung berubah warna sedikit lebih awal daripada di selatan, dimana puncak musimnya biasanya terjadi sekitar pertengahan hingga akhir Oktober. Pantai di daerah ini dipenuhi oleh pohon beech, yang akan berubah menjadi kuning cerah, dan pohon maple momiji, yang dikenal dengan warna vermillionnya. Hal yang membuat tempat indah ini benar-benar spektakuler adalah pantulan Gunung Towada dan dedaunan musimannya di permukaan danau yang tenang.

Mikuni Pass, Hokkaido

Mikuni Pass
Photo: Tatsuo115/Dreamstime

Mikuni Pass di Kamishihoro, yang membentang di sepanjang jalan nasional, berada di ketinggian 1.139 m di atas permukaan laut. Dari ketinggian ini, orang-orang akan disuguhi beberapa pemandangan musim gugur terbaik di Hokkaido mulai dari akhir September hingga pertengahan Oktober. Perjalanan wisata melintasi Taman Nasional Daisetsuzan, di mana kalian juga akan menemukan banyak pohon yang berubah warna saat cuaca dingin.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara September dan Oktober, dan ada tempat parkir gratis serta titik untuk menikmati pemandangan berada di sepanjang jalan.

Nikko, Tochigi

Nikko
Photo: Sara Winter/Dreamstime

Tepat di utara Tokyo, Nikko terasa seperti Kyoto mini dengan kuil-kuilnya yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO dan alam yang indah, terutama di musim gugur. Ada banyak tempat untuk menikmati pemandangan, tetapi Jembatan Shinkyo dan Air Terjun Ryuzu menawarkan beberapa pilihan foto terbaik.

Jembatan Shinkyo berada di dekat pintu masuk ke kuil dan kuil utama Nikko, warna merah cerahnya sangat cocok dengan dedaunan vermillion musiman. Air Terjun Ryuzu, atau juga dikenal sebagai Air Terjun Kepala Naga, adalah bagian dari Sungai Yukawa dan mengalir ke Danau Chuzenji, pada musim gugur, dedaunan di daerah tersebut akan berubah warna menjadi emas, oranye, dan merah, memberikan tampilan seperti naga pada air terjun. Puncak dedaunan musim gugur di Nikko biasanya berlangsung dari awal Oktober hingga awal November.

Taman Nara, Nara

Nara Park
Photo: Crisfotolux/Dreamstime

Taman Nara sangat luas sehingga kalian bisa menghabiskan sepanjang hari berjalan-jalan di taman sambil menikmati semua dedaunan musim gugur. Tempat yang sangat terkenal berada di area sekitar Kuil Todaiji, yang dihuni oleh pohon maple momiji merah, ginkgo kuning cemerlang, dan tentu saja, hewan rusa yang terkenal. Di tengah Taman Nara pengunjung akan menemukan Ukimido, sebuah paviliun kayu yang indah yang terlihat seperti mengambang di atas kolam. Tempat spesial ini sangat indah di musim gugur saat dedaunan berwarna-warni memantul di permukaan kolam, menciptakan ilusi optik yang menawan, dan paling cocok dikunjungi dari pertengahan November hingga Desember.

Danau Kawaguchiko, Yamanashi

Danau Kawaguchiko
Photo: Wiradej Thongsuwan/Dreamstime

Tidak ada yang lebih indah selain foto Gunung Fuji yang dikelilingi oleh dedaunan musim gugur, mungkin kata-kata ini tidak dapat dibantah siapapun. Salah satu dari lima danau Fuji yang bagus untuk melihat dedaunan musiman adalah Danau Kawaguchiko, danau ini menawarkan dua titik pemandangan. Pemandangan Momiji di sepanjang Sungai Nashigawa dan Terowongan Momiji yang ikonik akan membuat Gunung Fuji seperti dibingkai oleh daun maple merah. Namun, pepohonan di sini biasanya tidak mulai memerah hingga pertengahan hingga akhir November dan akan bertahan hingga awal Desember, jadi pastikan datang di waktu yang tepat.

Taman Rikugien, Tokyo

Rikugien Garden
Photo: Nathapon Triratanachat/Dreamstime

Jika kalian lebih suka tinggal di Tokyo, masih ada banyak taman dan atraksi alam untuk menikmati dedaunan di musim gugur. Salah satu tempat terbaik di kota ini adalah Taman Rikugien. Selama puncak musim gugur, taman lanskap Jepang biasanya menjadi tempat iluminas cahaya, kesempatan langka untuk melihat dedaunan dalam cahaya yang berbeda. Waktu terbaik untuk berkunjung? Coba akhir November hingga awal Desember.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS