page hit counter
Waspadai Berbagai Gejala Kanker Hati Berikut Ini

Waspadai Berbagai Gejala Kanker Hati Berikut Ini

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring seluruh virus dan bakteri yang menganggu proses metabolisme tubuh. Namun, pada kondisi tertentu hati bisa saja terserang penyakit berupa kanker. Hal ini terjadi karena sebagian besar dari sel pada hati mengalami mutasi hingga membentuk tumor. Ada berbagai tingkatan dari kanker yang terjadi pada bagian hati. Namun, kamu juga harus mewaspadai gejala kanker hati meskipun masuk dalam kategori stadium awal. Menurut beberapa literature, kanker hati merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang bisa menyebabkan kematian dalam jumlah yang sangat tinggi. Bahkan, riset dari WHO mengungkapkan kanker hati telah menyebabkan kematian hingga 700 ribu penderita hingga saat ini.

Beberapa gejala kanker hati yang wajib diwaspadai

Untuk mengetahui gejala kanker hati tentu saja perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala dan intensif. Apalagi penyakit kanker seperti ini memiliki beberapa kategori dari penyebab utama. Kanker ini meliputi kanker hati primer dan sekunder. Kanker hati primer biasanya terjadi akibat sel kanker yang bermutasi secara langsung di bagian organ hati. Pada kanker hati primer terjadi karena kompikasi penyakit hati. Masing-masing dari jenis penyakit ini memiliki gejala yang hampir mirip. Berikut ini ada beberapa gejala kanker hati yang harus diwaspadai sejak dini seperti:

1. Mengalami gatal dan iritasi kulit

Salah satu dari gejala kanker hati yang terjadi adalah kulit terasa gatal bahkan mengalami iritasi. Biasanya hal ini terjadi pada bagian kulit lengan, leher hingga bagian perut. Rasa gatal pada bagian kulit ini juga disertai dengan nyeri. Hal ini yang membuat beberapa dokter menyerankan untuk tidak menggaruk bagian dari kulit itu.

2. Nafsu makan yang hilang secara tiba-tiba

Gejala lain yang sering terjadi adalah nafsu makan yang hilang atau tidak ada selera untuk makan. Biasanya hal ini terjadi secara tiba-tiba. Bahkan, pada beberapa penderita gejala ini sering terjadi dalam waktu yang lama dan cukup menyiksa diri.

3. Perut terasa penuh walaupun mengkonsumsi sedikit

Beberapa penderita juga sering merasakan kenyang atau perut terasa sangat penuh walaupun hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Biasanya ini terjadi saat mengkonsumsi makanan utama dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang dan lainnya.

4. Tubuh yang lemas

Tentu saja gejala ini paling sering terjadi pada penderita penyakit kanker. Tubuh akan merasa lemas karena fungsi hati tidak bekerja dengan maksimal. Selain itu, kondisi organ hati yang tidak stabil juga menyebabkan berbagai virus mudah menyerang tubuh.

5. Penumpukan cairan di bagian perut

Biasanya pada penyakit kanker tingkat lanjut terjadi penumpukan cairan di bagian perut. Hal ini terjadi karena fungsi hati yang tidak sanggup lagi untuk melakukan penyaringan terhadap virus atau bakteri penyebab penyakit. Penumpukan cairan di bagian perut ini juga bisa menyebabkan bagian dari perut membengkak dengan ukuran yang tidak normal.

6. Warna urine yang cenderung sangat gelap

Pada beberapa kasus, para penderita dari penyakit ini juga akan mengalami perubahan warna urine saat buang air kecil. Warna pada urine akan cenderung lebih gelap atau menghitam bila dalam kondisi yang cukup parah. Gejala ini terjadi pada penderita kanker stadium tingkat tinggi.

7. Pembengkakan hati

Gejala lain yang paling dirasakan adalah pembengkakan yang terjadi di organ hati. Hal ini bisa dirasakan dengan menekan bagian atas perut. Nyeri yang berlebihan menjadi hal yang patut diwaspadai.

CATEGORIES
TAGS
Share This