page hit counter
Waspada! Virus Covid-19 Varian Baru Diduga Sudah Masuk Lombok, Kenali Gejalanya

Waspada! Virus Covid-19 Varian Baru Diduga Sudah Masuk Lombok, Kenali Gejalanya

Berita NTB – Belum selesai masa pandemi Covid-19, kali ini masyarakat di NTB khususnya di Pulau Lombok harus bersikap waspada terhadap munculnya varian baru dari virus Covid-19 yang diyakini lebih membahayakan. Sedikitnya ada tiga varian baru dari virus tersebut antara lain B.1.1.7, B.1.617 dan B.1.351.

Virus varian B.1.1.7 sangat membahayakan dan lebih cepat menular bahkan hingga 70 persen dibanding varian lama. Gejalanya antara lain batuk, nyeri tenggorokan dan nyeri otot. Sedangkan untuk varian B.1.617 tingkat penularannya lebih cepat lagi bahkan bisa mengelabui kekebalan tubuh serta dapat bertahan dari vaksin dan yang terakhir varian B.1.351 yang pertama kali muncul di Afrika Selatan dapat menurunkan edukasi vaksin.

Humas Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Praya, dr. Yudha Permana, SpDV. mengimbau agar masyarakat selalu waspada, karena varian virus Covid-19 tersebut diduga sudah masuk ke Lombok Tengah, meskipun butuh pengujian lebih lanjut. Namun dari sisi gejala yang ada saat ini dan melihat kondisi pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Praya akhir-akhir ini, diduga varian baru virus Covid-19 ini sudah masuk Lombok Tengah.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh pihak Rumah Sakit, tercatat kasus kematian pasien Covid-19 di Lombok Tengah dalam beberapa hari terakhir mengalami lonjakan tajam. Sejak tanggal 2 Mei hingga 4 Mei 2021 ada tujuh kasus kematian akibat Covid-19 salah satunya adalah seorang ibu hamil asal Janapria yang meninggal dunia beserta anak yang dikandungnya.

Untuk itu, dr Yudha berpesan agar masyarakat terus disiplin dalam menjalankan protokol Covid-19. Ia berpesan agar masyarakat tetap memakai masker apabila bepergian ke luar rumah, mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai sabun sebelum menyentuh bagian wajah, menghindari kerumunan, menjaga jarak serta mengurangi mobilitas.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS