page hit counter
Waspada Terhadap Berbagai Gejala Kanker Kulit Berikut Ini

Waspada Terhadap Berbagai Gejala Kanker Kulit Berikut Ini

Kanker kulit merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang paling sering dialami oleh banyak orang. Kanker ini disebabkan oleh perubahan kondisi pada kulit akibat jaringan atau sel yang mengalami mutasi secara berlebihan. Beberapa penyebab dari penyakit kanker ini seperti terkena sinar UV secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Sinar UV bisa menyebabkan kerusakan pada sel atau jaringan kulit dan membuat munculnya sel kanker dalam jumlah yang cukup besar. Biasanya munculnya penyakit kanker ini bisa dilihat dengan jelas seperti bercak pada kulit, benjolan tidak normal atau ukuran tahi lalat yang terus membesar. Kondisi seperti ini membuat kamu harus memahami tentang berbagai gejala kanker kulit.

Gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya

Biasanya gejala kanker kulit bisa dilihat akibat perubahan kondisi yang tidak normal dalam waktu yang sangat lama. Hal ini biasanya terjadi pada munculnya iritasi atau infeksi kulit yang cukup buruk Selain itu, potensi dari kanker kulit juga dilihat dari beberapa jenis atau kategori. Karakter dari setiap gejala memang akan memunculkan bagian kulit yang sangat tidak normal. Penyebab utama dari kanker ini memang berasal dari sinar UV yang terkena langsung. Namun, pada beberapa kasus penyakit ini bisa saja terjadi pada bagian kulit yang tidak terkena sinar UV. Berikut ini beberapa gejala kanker kulit yang wajib kamu ketahui berdasarkan dari jenisnya seperti:

1. Karsinoma sel basal

Ini merupakan salah satu gejala kanker kulit yang paling mudah ditemukan dalam tingkatan atau stadium dasar. Gejala ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan yang sangat lunak dan memiliki warna cukup cerah di bagian permukaan kulit. Selain itu, pada bagian benjolan ini juga bisa memiliki warna dengan merah mencolok seperti daging di luar permukaan kulit. Gejala seperti ini memang masih dalam tahapan stadium dasar. Namun, potensi perubahan dari gejala ini juga sangat cepat sehingga bila memiliki gejala seperti ini segera lakukan pemeriksaan pada dokter kulit untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

2. Karsinoma sel skuamosa

Gejala lain yang timbul juga sangat berbeda dengan jenis kanker kulit ini. Kanker kulit ini akan memiliki benjolan merah dengan tekstur yang lebih keras. Bahkan, beberapa orang mengira gejala ini seperti munculnya kutil atau sisik dengan kerak yang cukup lebar. Perubahan yang tidak normal pada kulit ini disertai dengan rasa gatal bercampur nyeri. Kondisi ini juga terjadi dalam waktu yang cukup lama. Hal ini yang memberikan dampak cukup besar seperti pendarahan dan kerak di bagian permukaan kulit. Biasanya gejala ini kerap terjadi pada kulit lengan, kaki hingga wajah. Namun, pada bagian kulit yang jarang terkena matahari juga memiliki potensi sama.

3. Gejala kanker kulit melanoma

Jenis dari penyakit kanker kulit ini paling sering terjadi pada banyak orang. Gejala ini bisa dilihat dengan jelas melalui munculnya bercak coklat kehitaman dengan ukuran berbeda di bagian permukaan kulit. Bahkan, bercak seperti ini juga bisa menyebar di banyak permukaan kulit. Bercak coklat ini memang hampir mirip dengan tahi lalat. Namun, beberapa dokter kulit menganggap bahwa bercak coklat ini bisa mengalami perubahan ukuran dan semakin membesar. Kemunculan dari bercak coklat ini tentu saja dilihat dengan perubahan karakter dari kulit. Bila jumlah bercak coklat seperti tahi lalat terus bertambah maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter kulit.

CATEGORIES
TAGS
Share This