page hit counter
Waspada Angin Kencang, Ratusan Pohon Tumbang Sejak November

Waspada Angin Kencang, Ratusan Pohon Tumbang Sejak November

Berita Mataram – Kondisi cuaca yang kurang baik membuat masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Pasalnya cuaca yang menghasilkan angin kencang tersebut sewaktu-waktu dapat merobohkan pohon besar yang ada di sepanjang jalan Kota Mataram.

Menurut catatan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Mataram, sejak bulan November lalu, angin kencang merobohkan sedikitnya 111 pohon yang ada di beberapa ruas jalan di Kota Mataram. Kepala Disperkim Kota Mataram HM Kemal Islam menjelaskan bahwa dari total 111 pohon yang tumbang tersebut tidak ada korban jiwa, dan pihaknya masih belum mendata terkait kerugian yang dialami akibat pohon tumbang tersebut.

Angin kencang disertai hujan deras menambah intensitas pohon yang tumbang di Kota Mataram. Sebelumnya (pekan lalu) jumlah pohon yang tumbang di Kota Mataram hanya berjumlah 20 saja namun kini melonjak menjadi 111 pohon yang tumbang. Faktor usia pohon serta kekuatan akar menjadi pemicu tumbangnya banyak pohon tersebut.

Kejadian pohon tumbang tersebut terjadi di enam kecamatan di Kota Mataram. Perkim menyampaikan bahwa pihaknya telah menangani pohon-pohon yang tumbang tersebut meskipun belum 100 persen karena keterbatasan alat dan juga personel. Sementara itu dinas lain yang terkait juga tidak dapat berbuat banyak karena semua sedang sibuk mengatasi masalah ini.

Permasalahan pohon tumbang ini sangat mengganggu, tidak hanya menghambat arus lalu lintas, tapi juga membahayakan bagi para pengguna jalan, baik pejalan kaki, pengendara sepeda motor maupun pengendara mobil. Selain itu pohon tumbang juga sewaktu-waktu dapat menimpa kabel listrik PLN yang akan berdampak pada pemadaman listrik hingga adanya dampak lain yang lebih ekstrim.

Foto: ANTARA NEWS

CATEGORIES
TAGS
Share This