page hit counter
Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Meresmikan Hall Graha Tani yang dibangun di Atas Lahan Seluas 1,3 Hektar

Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Meresmikan Hall Graha Tani yang dibangun di Atas Lahan Seluas 1,3 Hektar

Sumbawa Besar – Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, meresmikan Hall Graha Tani pada pagi hari ini, Sabtu, (26/02). Grand Opening dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WITA di halaman depan Hall Graha Tani yang terletak di Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa.

Acara dibuka dengan Tari Siru Nanam yang dibawakan begitu apik oleh para penampil dari Sanggar Liser, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Jamaluddin Afifi sebagai perwakilan manajeman Tani Subur Group.

“UD Tani Subur berdiri pada hari Rabu, 17 Maret 1993, di kelurahan Seketeng, khusus bergerak di bidang pertanian. Kini bernama Tani Subur Group yang pergerakan bisnisnya mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat petani, sehingga siapapun yang ingin melakukan investasi di bidang pertanian dijamin oleh Pemerintah Sumbawa,” ungkap Jamaluddin.

Beliau melanjutkan, “Dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sumbawa, dibangun Hall Graha Tani di lahan seluas 1,3 hektar yang proses pembangunannya memakan waktu 3,5 tahun. Tani Subur Group terus berkolaborasi dengan perusahaan mitra yang mengedepankan trust untuk membawa Sumbawa menuju Sumbawa Gemilang yang berkeadaban.”

Acara selanjutnya adalah sambutan oleh Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa, Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, yang juga merupakan rekan bisnis dari founder Tani Subur Group, Fiena Anggraini, ketika belum menjabat sebagai Wakil Bupati.

“Baru pertama kali di NTB melihat hall sebesar ini. UD Tani Subur berada hampir 29 tahun dan beliau (Ibu Fiena, red) mencari uang dan rejeki di Sumbawa. Hadirnya hall ini bisa membantu kemajuan pertanian karena potensi bidang pertanian di Sumbawa sangat luar biasa. Hamparan luas wilayah lebih banyak di bidang pertanian. Semoga dengan Grand Opening ini bisa mengurangi keluhan-keluhan masyarakat, khususnya di bidang pertanian, serta bisa berkolaborasi dengan pemerintah di Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu,” ungkap Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa.

Seusai memberikan sambutannya, Wakil Bupati Sumbawa, Ibu Fiena, anak dari Ibu Fiena yang bernama Yoshua, dan Bapak Jamaluddin Afifi melakukan pengguntingan pita yang menandakan telah diresmikannya Hall Graha Tani.

Hadir juga dalam acara tersebut diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Rektor Universitas Sumbawa, Bupati Sumbawa Periode 2005-2009, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Periode 2005-2010 dan 2010-2015, Pimpinan Perbankan (BNI, Danamon, BRI, Mandiri), para Pimpinan Mitra Tani Subur Group, dan Kapolres Sumbawa.

Sekilas tentang Tani Subur Group, bahwa unit bisnis ini didirikan oleh Bapak Handojo dan Ibu Fiena Anggraini pada tahun 1993. Dimulai dari usaha toko pertanian yang bernama UD Tani Subur. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya bisnis, banyak formulator agrokimia dan produsen benih terkemuka memberi kepercayaan bagi UD Tani Subur untuk mendistribusikan berbagai produk-produknya – benih pertanian, benih holtikultura, pestisida, pupuk, pakan dan obat ternak – baik berskala nasional maupun multinasional di wilayah NTB.

Tahun 2018 dibentuklah Tani Subur Group, yang kemudian seiring berjalannya waktu membentuk pula empat anak perusahaan, yakni CV Subur Makmur, CV Subur Tani Agro Mandiri, CV Sarana Agro Swadaya, dan PT Sentra Agro Nusa Bhakti. Keempat perusahaan tersebut dibentuk tidak lepas dari peran putra dari Bapak Handojo dan Ibu Fiena yang bernama Yoshua Putra Handojo, yang sempat mengenyam pendidikan finance di salah satu Kampus di Amerika. Ketika diwawancarai, Yoshua mengatakan harapannya agar usahanya ini bisa berkembang lebih baik lagi dengan memperkuat jaringan bisnis di Sumbawa dengan para mitra.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS