page hit counter
Upaya Mahasiswa KKN Tematik UNRAM 2022 dalam Budidaya Anggur di Desa Kayangan

Upaya Mahasiswa KKN Tematik UNRAM 2022 dalam Budidaya Anggur di Desa Kayangan

Warta Mataram – Desa Kayangan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat yang memliki potensi komoditas perkebunan unggulan tanaman anggur dan jahe merah. Desa Kayangan terdiri dari 12 dusun yang secara topografi dibagi menjadi tiga Zona, yaitu Zona Bawah, Zona Atas Dan Zona Barat.

Tanaman anggur di Desa Kayangan untuk saat ini baru berhasil dikembangkan di 2 dusun yaitu dusun Rebakong dan dusun Beraringan di zona barat. Potensi tanaman anggur di Desa Kayangan Kecamatan Kayangan memiliki peluang besar untuk dikembangkan dalam skala besar atau lebih luas dan dapat dilihat dari segi iklim dan kontur tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman anggur. Oleh sebab itu mahasiawa kkn tematik Unram bersama kelompok tani di dusun Lokokrangan yang merupakan salah satu dusun di zona bawah yang saat ini baru memulai untuk membudidayakan anggur sebagai salah satu upaya pengembangan potensi anggur di desa Kayangan. Mahasiswa KKN UNRAM berupaya dalam membantu pengembangan budidaya anggur dipekarangan rumah Bersama kelompok tani anggur untuk tercapainya atraksi agrowisata di desa Kayangan.

Buah anggur  di desa Kayangan ini memiliki kualitas yang baik dan bervariasi baik rasa maupun penampilan fisik, sehingga layak untuk diminati oleh konsumen. Adapun beberapa jenis anggur unggulan yang di programkan kelompok tani seperti transfiguration, Julian, Dixon, dubovski, carnival, akademik, banana, gozv dan masih banyak lagi jenis anggur yang telah dibudidayakan, sejauh ini terdapat lebih dari 45 jenis anggur yang berhasil dibudidayakan sampai berbuah dan sudah di panen. Pada periode KKN TEMATIK UNRAM di musim penghujan ini rata-rata kelompok tani anggur tidak dapat melakukan pembuahan pada tanaman anggur.

Langkah pertama yang dilakukan Mahasiswa KKN Tematik Unram untuk upaya pengembangan budidaya anggur sebagai atraksi agrowisata adalah dengan cara turun langsung ke beberapa petani anggur dan titik rumah pembibitan tanaman anggur di salah satu petani anggur di dusun beraringan yang merupakan salah satu pembudidaya tanaman anggur. Adapun beberapa petani berhasil membudidaya tanaman anggur lebih dari  30 jenis varietes anggur di pekarangan rumahnya yang terbatas.

Beberapa varietas tanaman anggur yang telah di budidayakan oleh salah satu petani anggur diantaranya : Varietas Ninel (dari Ukraina), Transfiguration (dari Ukraina), Julian (Ukraina), Jupiter (dari Amerika dan Ukraina), Carnival (Ukraina), Dixon (Ukraina), Akademik (Ukraina), Gosv (UK), dan Shine Muscat (Jepang). Varietas Anggur import tersebut dikembangkan dengan cara grafting yaitu penyambungan menggunakan varietas lokal jenis Isabella sebagai batang bawahnya (rostok) dengan batang muda entres sebagai media penyambungan dari varitas import di atas.

Hasil informasi dari salah satu petani anggur mengenai budidaya tanaman anggur pada tahap pembibitann, sebagai berikut :

  1. Pengadaan media tanam dengan menggunakan polybag yang berisi tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1
  2. Penanaman batang anggur sebagai rustok di media tanam yang sudah disiapkan lalu dibiarkan pada tempat yang lembab.

Adapun istilah dalam pembibitan tanaman anggur antara lain Rustok (indukkan batang bawah) harus kuat, memiliki perakaran yang bagus, Entres (cabang yang akan disambungkan) harus bebas dari hama, Grafting (penyambungan antara Rustok dan Entres). Mahasiswa KKN Tematik Unram desa Kayangan telah berhasil melakukan pembibitan secara vegetatif dan grafting untuk pembibitan tanaman anggur sebagai upaya pengembangan budidaya anggur sebagai atraksi agrowisata.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS