page hit counter
Upah Minimum Kota Mataram Tahun 2020 Mengalami Kenaikan

Upah Minimum Kota Mataram Tahun 2020 Mengalami Kenaikan

Warta Mataram – Kabar gembira bagi para karyawan maupun calon karyawan di ruang lingkup Kota Mataram, pasalnya Upah Minimum Kota (UMK) untuk tahun 2020 mengalami kenaikan dari Rp2.013.000 menjadi Rp2.184.485 atau naik sekitar 8,5% dari tahun 2019. Hal tersebut telah resmi dan dijelaskan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Hariadi mengatakan, kenaikan sebesar 8,5% tersebut telah disetujui oleh beberapa pihak, diantaranya Dewan Pengupahan, Asosiasi Pengusaha Pribumi Indonesia (Asprindo) dan juga Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Mataram. Dengan demikian besaran UMK di tahun 2020 saat ini lebih besar dari Upah Minimum Provinsi (UMP) yang besarannya yaitu Rp2.183.000.

Kenaikan UMK ini tinggal menunggu penandatanganan oleh Wali Kota Mataram kemudian Surat Keputusan (SK) dari Gubernur NTB. Hariadi juga mengatakan bahwa draf kenaikan UMK sudah diserahkan ke Wali Kota dan menunggu tanda tangan beliau. Setelah pengesahan selesai, pihak Disnaker akan melakukan sosialisasi ke beberapa perwakilan pengusaha dan juga pekerja di Kota Mataram. Disnaker akan mengundang sekitar 150 orang dari kedua elemen tersebut.

Realisasi kenaikan UMK ini diharapkan dapat diberlakukan mulai bulan Januari 2019, dan Disnaker juga berharap para pengusaha yang ada di Kota Mataram mentaati peraturan tersebut. Disnaker juga akan terus melakukan monitoring terhadap beberapa perusahaan baik kecil maupun besar di Kota Mataram.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS