page hit counter

UMKM Mataram Bakal Dilibatkan di Event World Super Bike Mandalika

MATARAM-Pelaku UMKM di Kota Mataram menyambut antusias perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika November mendatang. Menyusul informasi yang mereka terima, pihak penyelenggara dari MGPA maupun ITDC akan menyiapkan stand bagi ratusan UMKM.

“Kami pernah diajak rapat di Islamic Center oleh Dinas Pariwisata NTB. Disampaikan ITDC menyediakan stand di sekitar kawasan Mandalika,” ujar Sayuk Wibawati owner Nutsafir kepada Lombok Post, kemarin (23/9).

Informasi yang diterima Sayuk, disiapkan sekitar 300 stand atau lokasi yang bisa dimanfaatkan UMKM di dekat area masjid kawasan KEK Mandalika. Ada 60 yang belum terisi. Oleh pihak ITDC, lokasi yang tersisa dipersilakan untuk UMKM dari kabupaten kota lain di luar Lombok Tengah. “Kebanyakan UMKM di sana julalan souvenir. Nah ini peluang bagi kita UMKM Kota Mataram yang menjual makanan untuk bisa di sana juga. Kalau memang memungkinkan, saya bersama UMKM lain akan menempati stand yang disediakan,” ucapnya.

Diharapkan Sayuk, perhelatan Superbike bisa mengakomodir UMKM yang berasal dari kabupaten kota yang ada di NTB. Karena Mandalika dinilai juga milik NTB dan Indonesia.

“Akan ada 25.000 penonton. Tentu akan sangat banyak peluang bagi UMKM,” kata Sayuk. Untuk itu, ia berharap event ini bisa terlaksana dengan sukses sesuai agenda November mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Gusti Ayu Yuliani mengatakan, pihaknya memang sangat mengharapkan  pelibatan UMKM di Kota Mataram dalam ajang Superbike. “Kalau saya lihat memang ada beberapa yang diikutsertakan oleh provinsi,” syukurnya.

Hanya saja, kadang koordinasi antara pemerintah provinsi dan kota belum maksimal. Kaitannya dengan pembinaan dan pemberdayaan UMKM.

“Tapi mungkin karena dinas provinsi ada di Kota Mataram dan lokasinya dekat dengan pelaku UMKM jadi kadang mereka langsung ke pelaku. Kami tidak masalah,” ucapnya.

Yang terpenting bagi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Mataram Gubernur bisa memperhatikan warganya yang ada di kabupaten kota di luar Lombok Tengah dalam perhelatan Superbike nanti. Agar semua merasakan manfaat dari ajang internasional tersebut. Tidak sekadar menjadi penonton.

“Kami juga akan memperjuangkan untuk UMKM yang lain. Jangan khawatir, kami yakin penonton ajang itu juga tidak akan full di Lombok Tengah. Mereka pasti akan menginjakkan kaki di Kota Mataram karena kita ini ibu kota provinsi. Mari kita siapkan diri,” ajaknya. (ton/r3)

 

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS