page hit counter
Tradisi Hatsumode Di Tokyo, Kuil Yang Bisa Dikunjungi Di Awal Tahun

Tradisi Hatsumode Di Tokyo, Kuil Yang Bisa Dikunjungi Di Awal Tahun

Ada banyak cara untuk merayakan Tahun Baru di Jepang, salah satunya tradisi mengunjungi kuil, atau yang disebut Hatsumode. Setelah merayakan pesta tahun baru, masyarakat Jepang akan pergi mengunjungi kuil untuk berdoa kepada Tuhan dan membuat keinginan, biasanya dilakukan sejak hari pertama hingga tanggal 3 Januari.

Mereka akan mengambil jimat keberuntungan untuk tahun ini dan membuang jimat yang mereka ambil di tahun lalu. Pada Malam Tahun Baru, kuil-kuil membuka gerbangnya di malam hari dan sepanjang malam untuk para pengunjung yang ingin melakukan doa pertama mereka tepat di tengah malam. Ada banyak kuil yang dapat dikunjungi dan di bawah ini adalah beberapa diantaranya. 

Kuil Sensoji

Hatsumode
Photo: WCY Music Studio/Unsplash

Kuil Sensoji Asakusa jadi salah satu tempat paling populer untuk hatsumode. Pengunjung akan mengantri di sepanjang jalan perbelanjaan Nakamise, yang dihiasi dengan dekorasi Tahun Baru dan kios yang menjual memorabilia dan suvenir musiman. Saat mencapai kuil, lempar koin 5 yen ke dalam kotak dan buat keinginan. Meski halaman kuil buka sepanjang waktu, namun kios-kiosnya memiliki jam operasional yang bervariasi, biasanya sekitar jam 5 sore.

Kuil Kanda

Hatsumode
Photo: Nuvisage/Dreamstime

Kuil Kanda adalah rumah bagi festival tradisional terbesar di Tokyo, Kanda Matsuri, tetapi juga merupakan tempat suci untuk dikunjungi ketika ingin mencari keberuntungan. Perayaan Tahun Baru dimulai pada 1 Januari pukul 12 tengah malam ketika gerbang kuil terbuka untuk suara pertama drum taiko di tahun baru. Di situs web resmi kuil, kalian bahkan dapat melihat streaming langsung keramaian Tahun Baru. Kuil ini juga menjual jimat keberuntungan omamori dan omikuji secara online.

Kuil Yasukuni

Hatsumode
Photo: Yasukuni Shrine

Yasukuni adalah salah satu kuil termegah di Tokyo, yang membuka gerbangnya untuk perayaan Tahun Baru pada pukul 23.30 di tanggal 31 Desember. Setelah melakukan doa pertama di tahun baru, pastikan untuk mengambil jimat keberuntungan omamori atau jimat shinsatsu dan tuliskan harapan untuk tahun 2022 di piring nazar ema. Perayaan Tahun Baru di Kuil Yasukuni berlangsung hingga tanggal 4 Januari, dengan berbagai acara. 

Kuil akan membagikan cangkir sake dan amazake setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 4 sore. Dari pukul 10 pagi pada tanggal 3 Januari, pengunjung dapat menikmati acara memanah khas Jepang, sementara seni pertunjukan tradisional diadakan setiap hari hingga tanggal 4 Januari. Jangan lewatkan pameran pedang Tahun Baru di museum perang Yushukan yang berdekatan. 

Kuil Meiji

Hatsumode
Photo: Niphon Subsri/Dreamstime

Kuil Meiji adalah salah satu tempat paling populer di Tokyo untuk mengucapkan selamat tahun baru. Kuil ini tetap buka sepanjang malam untuk orang-orang yang ini melaksanakan hatsumode. Di bagian belakang kuil, setelah berdoa dan berdonasi, pengunjung akan menemukan toko yang dipenuhi dengan barang-barang spesial perayaan tahun baru, termasuk omikuji dan ema (plak kayu tempat menulis permohonan) yang dicap dengan zodiak dari tahun baru, harimau untuk tahun 2022.

Tokyo Daijingu

Hatsumode
Photo: Tokyo Daijingu

Tokyo Daijingu, ‘tempat kekuatan cinta’ yang populer untuk pernikahan, dibuka mulai pukul 11 malam pada tanggal 31 Desember. Namun, jika kalian berkunjung selama tiga hari pertama di bulan Januari antara pukul 8 pagi hingga 10 pagi, kalian bisa menjadi salah satu dari 1.000 pengunjung yang beruntung. setiap hari akan diberikan jimat keberuntungan kecil yang menampilkan tanda zodiak harimau 2022. Syaratnya harus membeli jimat omamori atau jimat shinsatsu untuk mengikuti undian. 

Jangan lupa untuk mengisi ema, plakat kayu tempat menulis permohonan. Selain yang bermotif harimau, ada juga karakter spesial Rilakkuma di tahun ini.

Kuil Zojoji

Hatsumode
Photo: Zojoji Temple

Rayakan hatsumode di Kuil Zojoji dengan Menara Tokyo yang menyala sebagai latar belakang jadi hal yang tdk boleh dilewatkan. Sampai di sana sebelum tengah malam untuk mendengar joya no kane, Buddhis yang membunyikan lonceng kuil sebanyak 108 kali. Setelah jam menunjukkan tengah malam, antrelah untuk menyumbangkan koin 5 yen dan buat keinginan untuk tahun yang akan datang.

Ada juga ritual jobone dari jam 11 malam, ketika keinginan dari hatsumode tahun sebelumnya dibakar. Kalian juga bisa melihat saluran YouTube resmi kuil untuk streaming langsung yang menunjukkan betapa ramainya kuil antara tanggal 31 Desember dan 3 Januari.

Kuil Hie

Hatsumode
Photo: Hie Shrine

Sebagian besar acara hatsumode menarik banyak orang. Kuil Hie, yang terkenal dengan gerbang torii berwarna merah terang yang mengingatkan pada Kuil Fushimi Inari di Kyoto, memiliki jumlah pengunjung yang relatif lebih sedikit. Setelah mengucapkan doa pertama di tahun baru, lihat ema (plak doa kayu) mereka yang didekorasi dengan lebih dari seratus desain. 

Kuil Yakuoin Gunung Takao

Hatsumode
Photo: Satochi/Photo-AC

Salah satu tradisi Tahun Baru Jepang yang berharga adalah bangun saat fajar di Hari Tahun Baru untuk menyaksikan matahari terbit. Dalam bahasa Jepang disebut geikosai, secara harfiah berarti ‘festival untuk menyambut cahaya’. Di Gunung Takao, hanya 50 menit dengan kereta api dari Stasiun Shinjuku, kalian dapat melihat matahari terbit dan sekaligus melakukan hatsumode.

Mulai tengah malam, kepala pendeta Kuil Yakuoin akan melakukan beberapa ritual api goma. Kereta gantung beroperasi sepanjang malam dan membawa kalian setengah jalan ke atas gunung, sementara lift mulai beroperasi mulai pukul 05.00 pada tanggal 1 Januari. Namun pengunjung tidak akan bisa naik ke puncak Gunung Takao tahun ini, yang sudah tutup karena pandemi COVID-19. 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS