page hit counter

Tokyo, Kota Paling Layak Huni Keempat di Dunia untuk Tahun 2021!

Jepang memang baru saja dinobatkan sebagai negara favorit keenam bagi para pekerja, dan tahun lalu, negeri matahari terbit ini juga menjadi destinasi populer ke dua untuk berwisata setelah pandemi. Jadi, bukan hal aneh kan jika 2 kota terbesar di Jepang masuk ke dalam daftar kota paling layak huni di dunia untuk tahun 2021?

Dilansir dari Timeout, Tokyo mendapatkan peringkat keempat kota paling layak huni di dunia menurut The Economist’s annual Global Liveability Index, yang memeriksa total 140 kota di seluruh dunia. Ibu kota Jepang ini seri dengan Wellington, Selandia Baru dan ada di belakang Auckland, Selandia Baru (peringkat pertama), Osaka (kedua) dan Adelaide, Australia (ketiga).

Laporan tahun ini sangat dipengaruhi oleh bagaimana setiap kota menghadapi pandemi COVID-19, serta berbagai faktor kuantitatif dan kualitatif lain seperti stabilitas, lingkungan dan budaya, serta infrastruktur dan edukasi. Data yang digunakan dalam survei ini dikumpulkan antara 22 Februari hingga 21 Maret tahun ini.

Pemandangan Tokyo
Pemandangan di Tokyo, Jepang (japantravel.com)
Go to travel jepang japanesestation.com
Osaka (pakutaso.com)

Baik Tokyo dan Osaka memiliki nilai tinggi dalam stabilitad dan kesehatan, sementara Osaka mengungguli Tokyo dalam bidang infrastruktur. Untuk bidang pendidikan, keduanya setara, sementara Tokyo memiliki nilai lebih baik dalam kategori lingkungan dan budaya.

Sementara itu, kota-kota di Eropa dan Amerika Utara tak mampu meraih peringkat teratas tahun ini karena dianggap kurang mumpunin dalam menangani pandemi. Vienna yang sebelumnya dinobatkan sebagai kota paling layak huni mulai dari 2018 hingga 2020 terjun bebas ke peringkat 12 tahun ini.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, laporan tersebut pun menyebutkan seiring dengan para penduduk yang lebih banyak menghabiskan waktunya di kota mereka sendiri, membuat nilai-nilai mulai bergeser serta lebih banyak menekankan pada ruang hijau dan transportasi umum yang untungnya dimiliki oleh Tokyo!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS