page hit counter
Tips Sederhana Merawat Burung Agar Makin Sering Berkicau

Tips Sederhana Merawat Burung Agar Makin Sering Berkicau

Memiliki hewan peliharaan memang agak sedikit merepotkan, apalagi hewan tersebut merupakan jenis hewan yang membutuhkan perhatian dalam perawatannya. Namun apabila memelihara hewan sudah menjadi hobby, maka si pemilik tidak akan lagi merasa kerepotan, bahkan rela mengeluarkan biaya lebih agar hewan peliharaannya tetap bahagia dan sehat.

Salah hewan peliharaan yang sering dijadikan hobby saat ini adalah burung. Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, biaya hanya untuk hewan kecil tersebut. Ada banyak jenis burung yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Mulai burung berukuran kecil hingga burung berukuran besar dan ganas. Namun kali ini kita akan membahas tentang tips merawat burung agar makin sering berkicau.

Salah satu keindahan selain secara visual yang dihasilkan dari burung adalah kicauannya. Banyak burung-burung yang pernah memenangkan lomba berkicau akhirnya ditawar hingga harga yang fantastis. Namun untuk dapat berkicau sesuai dengan keinginan tuannya, sudah tentu burung tersebut harus dirawat dengan baik dan benar. Berikut beberapa tips merawat burung agar lebih sering berkicau.

Memandikan Burung
Salah satu cara agar burung sering berkicau adalah dengan memandikannya. Memandikan burung merupakan salah satu perawatan agar menjaga burung tersebut tetap sehat dan segar. Terbebas dari segala jenis kutu yang akan mengganggu aktifitas burung tersebut. Memandikan burung sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah melalui proses pengembunan terlebih dahulu.

Menjemur Burung
Tips selanjutnya adalah menjemur burung. Proses penjemuran ini dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 7 pagi dengan tujuan untuk menghangatkan burung tersebut. Selain itu, sinar matahari pagi juga dapat menjadi sumber vitamin D untuk si burung serta dapat menghilangkan berbagai penyakit pada kulit burung seperti jamur. Menjemur burung ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari.

Membersihkan Kandang Burung
Tips berikutnya yaitu membersihkan kandang burung. Hal ini sangat penting dilakukan karena burung juga merupakan makhluk hidup yang akan merasa nyaman apabila tempat tinggalnya bersih serta terbebas dari kotorannya sendiri. Untuk itu rajin-rajinlah untuk membersihkan kandang burung agar burung tetap bahagia sehingga rajin berkicau.

Itu tadi tiga tips sederhana cara merawat burung agar makin rajin berkicau. Untuk mendapatkan tips-tips lainnya tentang burung, bisa langsung berkunjung ke citcuit.id, sebuah website yang membahas tentang seluk-beluk burung kicau.

CATEGORIES
TAGS
Share This