page hit counter
Tips Memilih Asuransi Syariah yang Harus Anda Pertimbangkan

Tips Memilih Asuransi Syariah yang Harus Anda Pertimbangkan

Sudah banyak penawaran produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Salah satunya adalah produk asuransi syariah. Apalagi saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang mulai menawarkan produk ini. Selain itu, keuntungan yang diberikan juga akan menjadi pertimbangan penting bagi banyak calon pemegang polis. Secara prinsip, anda harus mengetahui bahwa produk asuransi syariah seperti ini memang sebuah tindakan saling menolong yang melibatkan 2 belah pihak secara bersamaan. Pihak ini terdiri perusahaan asuransi yang memiliki produk dan anda sendiri sebagai pemegang polis. Pengelolaan dana dari produk asuransi ini juga berdasarkan hukum syariah. Ini yang menjadi pertimbangan penting bagi anda untuk mulai mempertimbangkan tips memilih asuransi syariah.

5 tips memilih asuransi syariah yang bisa dicoba

Ada beberapa hal yang memang harus dipertimbangkan dengan tips memilih asuransi syariah. Bahkan, metode seperti ini akan memberikan kemudahan bagi anda untuk menikmati seluruh keuntungan dari produk syariah ini. Apalagi hal yang sangat penting adalah anda harus mengetahui lebih rinci tentang pengelolaan dana yang dikumpulkan dari produk ini. Seluruh kegiatan pengelolaan itu harus berdasarkan hukum syariah islam. Pihak perusahaan asuransi juga harus memberikan informasi secara detail kepada anda. Berikut ini beberapa pilihan dari tips memilih asuransi syariah yang bisa dipertimbangkan seperti:

1. Pilih sesuai kebutuhan

Rekomendasi dari tips memilih asuransi syariah adalah dengan menentukan produk sesuai kebutuhan. Apalagi saat ini ada banyak produk asuransi syariah yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Semakin banyak pilihan produk itu maka anda juga harus semakin sering melakukan perbandingan. Hal ini biasanya berkaitan dengan nilai keuntungan dari produk itu sendiri. Selain itu, masing-masing dari produk itu juga memiliki ketentuan lain dalam pengelolaan dana hingga sudah sesuai dalam hukum syariah islam atau belum.

2. Cari tahu pengelolaan dana sesuai syariah

Tips lain yang harus anda lakukan adalah dengan mencari tahu tentang pengelolaan dana yang dikumpulkan dari para nasabah. Metode seperti ini memang akan disesuaikan dengan hukum syariah. Bahkan, anda berhak untuk mendapatkan rincian dari pengelolaan seluruh dana itu. Semakin banyak informasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi tentang produk ini maka anda juga akan semakin paham tentang alur pengelolaan dana. Apalagi ini juga berkaitan dengan hukum syariah Islam yang diberlakukan dari setiap produk ini.

3. Pastikan masuk dalam Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Anda harus ingat bahwa setiap penyelenggara pengelolaan keuangan syariah harus berada dibawah pengawasan DPS atau Dewan Pengawas Syariah. Hal ini dilakukan untuk melindungi anda sebagai nasabah dan pemegang polis asuransi. Selain itu, Dewan ini juga akan berfungsi untuk mengawasi pengelolaan hingga penggunaan dana sudah sesuai dengan syariah Islam atau tidak.

4. Perhitungkan seluruh rincian akad

Pastikan juga bahwa anda sudah mendapatkan rincian akad dari produk asuransi ini. Biasanya rincian ini anda dapatkan saat ingin menjadi pemegang polis. Rincian ini sering diberikan melalui agen asuransi syariah yang telah ditentukan. Pahami seluruh rincian akad sehingga anda terhindar dari gagal bayar yang dianggap akan merugikan.

5. Pelajari seluruh ketentuan yang diberlakukan

Tips penting lainnya yang wajib anda pertimbangkan adalah mempelajari seluruh ketentuan yang telah diberlakukan. Setiap ketentuan ini akan mempengaruhi klaim dan nilai premi yang menjadi hak atau kewajiban. Apalagi setiap perusahaan juga memberlakukan ketentuan yang sangat berbeda untuk produk asuransi syariah ini.

CATEGORIES
TAGS
Share This