page hit counter
Tips Kembalikan Performa Mobil Setelah Mudik

Tips Kembalikan Performa Mobil Setelah Mudik

Bagi Anda yang ikut serta meramaikan mudik ke kampung halaman pada momen lebaran lalu, tahukah jika perjalanan panjang nan melelahkan tersebut tidak hanya dirasakan oleh Anda saja tetapi juga mobil yang Anda kendarai. 

Pada perjalanan jauh, mobil terancam mengalami penurunan performa setelah melewati kemacetan panjang, dan kondisi jalan yang tidak menentu. 

Karena itu Tune Up mobil jadi aktivitas wajib yang perlu dilakukan pasca menempuh perjalanan panjang untuk memastikan setiap komponen mobil kembali pada performa terbaik agar nyaman dan aman digunakan untuk berkegiatan sehari-hari. 

Ikuti tips berikut untuk kembalikan kondisi dan performa mobil Anda

 

Filter Utama Mobil

Terdapat 4 komponen filter yang memiliki peran krusial dalam menjaga performa kendaraan dan kinerja mesin mobil Anda, seperti filter oli, filter udara, filter bahan bakar dan filter AC. 

Setelah dipacu terus menerus dalam kondisi perjalanan panjang, 4 filter penting tersebut terancam mengalami penurunan performa. 

Oli Mesin, Oli Transmisi dan Oli Gardan contohnya, ketiganya harus di cek secara berkala terlebih jika mobil telah menempuh perjalanan panjang sebelumnya. Hal tersebut penting untuk dilakukan mengingat oli merupakan cairan untuk melumasi antar komponen pada mesin. Jangan sampai debu dan kotoran menyumbat sirkulasi yang kemudian dapat menghambat kinerja mesin. 

Rem Mobil 

Waktu tempuh perjalanan yang lebih lama dari biasanya, belum lagi jika macet tidak kunjung usai, otomatis memberikan beban kerja lebih besar pada Rem mobil Anda. 

Nah setelah liburan usai, kini saatnya Anda menyempatkan waktu untuk memeriksa kondisi komponen rem seperti minyak rem, kanvas dan selang pada rem. Segera lakukan penggantian jika dirasa sudah melewati batas pemakaian.dapat memicu kecelakaan lalu lintas yang membahayakan diri dan pengguna lain. 

Ban Mobil

Komponen lain dari mobil yang memiliki peran penting adalah ban mobil. Selama menempuh perjalanan dengan kondisi jalan yang tidak menentu dapat dipastikan mempengaruhi kondisi fisik ban mobil Anda, belum lagi jika kondisi jalan rusak parah. Cek kelayakan kondisi dan pertimbangkan untuk segera menggantinya jika kondisi ban mobil Anda sudah terlihat menipis. Karena ban mobil yang tidak layak dapat berakibat fatal bagi pengendara. 

Aki Mobil

Tentu akan sangat merepotkan jika Anda sedang terburu-buru namun mobil sulit untuk dihidupkan akibat kondisi aki yang lemah. 

Melakukan pengecekan aki mobil setelah perjalanan panjang sangat perlu dilakukan untuk mengembalikan performa aki mobil Anda. 

Jika Anda menggunakan aki basah, periksa kualitas aki dan cek apakah volume air aki yang Anda miliki masih dalam kualitas aman alias tidak menyentuh lower level.  Sedangkan untuk aki kering dapat dipantau melalui suara lemah yang ditimbulkan saat mobil distarterdi-starter atau umumnya tegangan tidak kurang dari 10 volt. 

Perlu diingat, kerusakan minor saja bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga. Jadi penting untuk mempertahankan performa kendaraan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas yang dapat mengurangi harga jual mobil Anda di kemudian hari. 

Carsome merupakan platform jual beli mobil bekas tepercaya dan bikin tenang.  Karena salah satu prioritas kami adalah memberikan pengalaman anti ribet saat Anda menjual dan membeli mobil dengan jaminan ketenangan pikiran. Tunggu apalagi segera akses carsome.id sekarang!

Baca juga: Cara Baru Beli Mobil Mudah dan Nyaman

The post Tips Kembalikan Performa Mobil Setelah Mudik appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS