page hit counter
Tips dan Cara Meningkatkan Imun pada Anak yang  Lemah

Tips dan Cara Meningkatkan Imun pada Anak yang Lemah

Batuk dan flu ialah penyakit yang sering ‘menghantui’ anak-anak. Walaupun saat ini sudah banyak vaksin yang dapat membantu sistem imun anak lemah menjadi lebih baik lagi, tetapi hak itu juga tidak akan berfungsi dengan baik bila tidak didorong dengan aktivitas yang dapat menunjang semua hal itu.

Berdasarkan data studi dari beberapa peneliti, menyebutkan bahwa sistem imun pada saat anak lahir, belum sempurna, akan tetapi lambat laun mengikuti perkembangan anak, sistem imun anak lemah itu tadi akan semakin menguat dan kebal teradap virus, bakteri dan penyakit yang lainnya. Yang mana pada umumnya, seorang anak akan sakit setiap 8 kali pada sau tahun, tentunya hal ini wajar untuk tubuh dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

Cara Meningkatkan Imun Anak Lemah

Sistem kekebalan tubuh tentunya dapat ditingkatkan supaya anak semakin kuat dan semakin cepat dalam beradaptasi dengan penyakit dan lingkungan sekitarnya, maka dari itu disini kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan imun anak lemah.

1. Meningkatkan Imun Anak Lemah Dengan Berolahraga
Untuk cara pertama meningkatkan imun anak lemah ialah dengan cara berolahraga, seperti yang kita ketahui bahwa olahraga sendiri dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Dan juga olah raga sendiri dapat dilakukan oleh para anak kecil yang belum mempunyai sistem imun yang baik.

Dan tentunya untuk anak-anak sendiri, tidak perlu melakukan olahraga berat seperti puh up, sqod atau lainnya, tentunya karena mereka belum bisa melakukan semua itu. Untuk anak sendiri bisa dengan diajak berjalan, atau buat anak supaya mau bergerak, supaya otot yang dimiliki oleh anak semakin menguat dan kebal akan penyakit.

2. Meningkatkan Imun Anak Lemah Dengan Memberikan ASI
Tentunya untuk anak-anak sangat memerlukan bantuan ASI unuk dapat meningkatkan sistem imun anak lemah, karena asi sendiri dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga meningkatkan kualitas sel darah putih yang bermanfaat untuk melawan penyakit yang datang. Akan tetapi, tidak semua ibu dapat memberikan asi secara esklusif kepada si anak, oleh karena beberapa hal. Tetapi hal itu tidak masalah, si anak dapat diberikan asi pada 2 bulan pertama, hal ini diperuntukan sebagai tembok awal untuk membantu si anak dalam melawan penyakit yang datang.

3. Meningkatkan Imun Anak Lemah Dengan Konsumsi Buah Dan Sayuran Secara Rutin
Tentunya untuk dapat meningkatkan sistem imun anak lemah ialah denan mengkonsumsi buah dan sayuran, tidak bisa dipungkiri bahwa buah dan sayur mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk sang anak, untuk dapat menciptakan kekebalan tubuh maksimal, diperlukan nutrisi yang baik juga seperti kandungan vitamin c yang cukup. Dan untuk orang tua juga bisa memenuhi asupan dengan memakan Mie vegan Javara, mie ini sangat sehat karena tidak menganduk lemak hewani jahat.

Dan didalam buah dan sayur mempunyai kandungan vitamin c yang diperlukan oleh tubuh, contohnya saja buah jeruk yang mengandung banyak vitamin c, dan juga didalam brokoli terkandung cukup banyak vitamin c yang jug atentunya dibutuhkan oleh tubuh sebagai asupan utama dalam membantu meningkatkan sistem imun anak lemah.

Tentunya tidak hanya membantu menguatkan sistem imun pada anak, mengkonsumsi buah dan sayur sedari kecil dapa membantu mengurangi risiko terkena kanker pada saat dewasa nantinya, tentunya hal ini sangat baik dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur anak mendapatkan banyak sekai manfaat yang diperlukan.

Dan juga, yang harus diperhatikan oleh para orang tua ialah berikan buah dan sayur dalam porsi yang sesuai dengan usianya, karena memberikan porsi buah dan sayur yang berlebih akan menimbulkan kondisi kelebihan berat badan, dan hal ini tentunya sangat tidak baik, mengingat si anak masih dalam masa pertumbuhan.

4. Meningkatkan Imun Anak Lemah Dengan Mencuci Tangan
Pada dasarnya, mencuci tangan sendiri tidak ada kaitannya dengan sistem imun anak lemah, akan tetapi dengan si anak yang rajin mencuci tangan, akan menghilangkan stress pada si anak sendiri, seperti yang kita tahu bahwa stress merupakan faktor penyebab sistem imun tubuh melemah, dan ini tentunya harus dihindari pada saat usia anak-anak.

Para orang tua harus dapat memberikan pengajaran sedari kecil tentang pentingnya mencuci tangan dalam kondisi tertentu, ajari anak untuk dapat menggunakan sabun sebagai metode membersihkan tangan dari bakteri dan kuman, dan juga berikan kebiasaan kepada anak untuk dapat dengan rajin membasuh tangan.

Dan juga, mengingat bahwa si anak tidak hanya dirumah saja, bisa jadi pergi kesebuah tempat, para orang tua jangan khawatir, untuk dapat tetap membersihkan tangan si anak, dapat dengan cara membawa antiseptic atau juga tisu basah, dengan begitu dalam segala kondisi dan tempat akan tetap dapat membersihkan tangan si anak.

Tentunya tidak hanya dengan mencuci tangan saja, para orang tua juga harus memperhatikan sikat gigi anak, bila melihat dari beberapa jurnal penelitian, bahwa orang tua harus mengganti sikat gigi anak pada saat si anak mulai sakit. Hal ini sangat penting karena bakteri bisa tinggal di sikat gigi dan tidak steril lagi.

Pada umumnya, seorang anak tidak dapat terkena flu yang sama dua kali, hal ini sudah menjadi dasar sistem kekebalan tubuh karena tubuh akan paham cara melawan kuman yang sama, akan tetapi, kuman dan bakteri dari si anak dapat berpindah melakui sikat gigi tadi, dan hal ini dapat menyebabkan anggota keluaga terkena flu ayng dialami si anak, menjadikan si orang tua harus paham bagaimana cara memutus penyebaran virus supaya satu keluarga tidak terkena penyakit dan saling menularkan penyakit.

5. Meningkatkan Imun Anak Lemah Dengan Jauhkan Anak Dari Papasan Asap Rokok
Bila kita berbicara soal sistem imun anak lemah, tentunya tidak akan jauh dari bahaya asap rokok dan polusi kendaraan yang akan menghantui sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya anak kecil saja, pada dasarnya hampir semua manusia sangat beresiko terkena penyakit apabila terlalu sering berpapasan dengan asap rokok dan polusi kendaraan.

Harus diperhatikan disini, untuk para orang tua yang merokok, bahwa tubuh si anak belum mempunyai sitem kekebalan yang baik, jadi usahakan untuk dapat menjauhkan si anak dari papas an asap rokok, hal ini sangat berbahaya bagi sang anak, karena asap rokok dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya, seperti kanker.

Dan juga apabila para orang tua ingin mengajak anak pergi keluar, usahakan untuk memakaikan masker pelindung pada anak, karena asap dari polusi kendaraan mengandung CO2 yang sangat berbahaya bagi tumbuh kembang sang anak, dan juga orang tua harus dapat selalu mengawasi kemana si anak pergi, supaya anak tidak melakukan hal yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan sistem imun anak semakin memburuk.

Mungkin sampai disini saja dulu untuk pembahasan tentang sistem imun anak lemah, untuk para orang tua harus tetap memperhatikan pola kembang sang anak, terutama untuk anak dibawah luma tahun yang masih sangat membutuhkan bantuan para orang tua.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS