page hit counter
Tiga Fakta Tentang Mandalika yang Menjadi Tempat Moto GP 2021

Tiga Fakta Tentang Mandalika yang Menjadi Tempat Moto GP 2021

Tahukah Anda bahwa Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo memiliki akun youtube yang ia gunakan untuk menayangkan video-video perkembangan yang sedang berlangsung di Indonesia. Nah, yang menariknya, dalam vlog terbaru yang diunggah Pak Jokowi tersebut, untuk pertama kalinya ia menghadirkan video yang mempromosikan salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia yang bertajuk “Beautiful Mandalika” Penasaran seperti apa kecantikan yang ditawarkan?

1. Mandalika memiliki sejarah dan budaya yang unik

Nama Mandalika berasal dari cerita rakyat suku Sasak yang merupakan penduduk asli pulau Lombok. Dahulu kala diceritakan bahwa ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang berpenampilan cantik dan baik hati. Seiring bertambahnya usia, banyak pemuda dan pangeran jatuh cinta dan ingin menjadikan sang putri sebagai istrinya. Ayahnya menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada sang putri. Akhirnya setelah bersemedi, Putri Mandalika mengatakan tidak ingin terbelah dan memilih jatuh lalu menghilang di tengah ombak. Untuk memperingati hal tersebut, warga sekitar setiap tahun mengadakan Festival Bau Nyale yang kegiatan utamanya adalah menangkap nyale (cacing) yang dipercaya sebagai titisan Putri Mandalika. Selain kegiatan tersebut, Festival Bau Nyale juga dimeriahkan dengan pertunjukan drama dan pertunjukan musik.

2. Mandalika memiliki 5 pantai indah yang wajib dikunjungi

Kawasan Mandalika memiliki luas kurang lebih 1.034 hektar dengan 5 pantai indah yang membentang dari timur ke barat. Kelima pantai tersebut adalah Pantai Kuta Lombok dengan pasir putih, air laut yang jernih, dan latar pemandangan perbukitan, Pantai Seger yang digunakan untuk merayakan Festival Bau Nyale, Pantai Serenting, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gerupuk yang cocok untuk para pecinta selancar. Selain wisata bahari, Mandalika juga menawarkan destinasi wisata lainnya seperti Bukit Merese yang memungkinkan Anda untuk melihat keindahan Mandalika dari ketinggian dan Batu Payung yang merupakan batuan erosi alami berbentuk kuncup payung.

3. Keindahan Mandalika sebanding dengan pulau Bali

Meski wisata di Mandalika cenderung baru di telinga Anda, keindahan dan pemandangan yang ditawarkan pantai dan wisata lainnya sebanding dengan pulau Bali. Padahal, bisa dipastikan Mandalika menawarkan ketenangan dan kebersihan yang lebih baik dari Pulau Bali karena kawasan ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan.

CATEGORIES
TAGS
Share This
Skip to toolbar