page hit counter
Terkuak, kelompok ini yang danai Sukmawati masuk Hindu

Terkuak, kelompok ini yang danai Sukmawati masuk Hindu

Sukmawati Soekarnoputri. Foto: Antara

Sukmawati Soekarnoputri resmi memeluk Hindu usai menjalani ritual Sudhi Wadani di Bale Agung, Singaraja, Bali, Selasa 26 Oktober 2021. Pada prosesi sakral tersebut, dia terlihat menangis penuh haru.

Penglingsir Bale Agung, Jro Made Arsana mengatakan, Sukmawati begitu khusyuk saat pertama kali bersembahyang setelah sah memeluk Hindu. Itulah mengapa, hatinya tersentuh hingga menjatuhkan air mata.

“Saat bersembahyang, dia menangi, keluar air mata,” ujar Jro Made Arsana, dikutip Hops, Selasa 26 Oktober 2021.

Sukmawati upacara ritual
Sukmawati saat menjalani ritual Hindu. Foto: Instagram @aryawedakarna

Dia menjelaskan, prosesi yang berlangsung empat jam tersebut berjalan dengan lancar. Mulai dari pembacaan sumpah memeluk Hindu hingga perayaan penutup. Namun, satu yang menjadi pertanyaan, siapa gerangan yang membiayai seluruh prosesi tersebut?

Kelompok yang danai Sukmawati masuk Hindu

Sebelumnya, banyak yang menduga, Sukmawati membiayai seluruh rangkaian acara tersebut menggunakan biaya pribadi. Padahal, anggapan tersebut salah. Sebab, ada donatur yang menanggung ongkos acara keseluruhan.

Kabarnya, kelompok yang menanggung biaya ritual Sudhi Wadani Sukmawati tersebut merupakan Soekarno Center. Bahkan, seluruh rangkaian acaranya juga diserahkan sepenuhnya kepada mereka.

“Kami dari Soekarno Center Bali diminta oleh Ibu Sukmawati langsung untuk menyiapkan semua teknis. Dari acara ritual, sajen-sajen, mengurus tentang ceremony administrasi dengan pariwisata Hindu. Semuanya disiapkan oleh kami,” tutur Kepala Sukarno Center, Gusti Ngurah Arya Wedhakarna.

Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri

Sayangnya, dia tak merinci, berapa total biaya yang dikeluarkan pihaknya untuk menggelar ritual pindah agama tersebut. Namun, yang jelas, nominalnya tak terlalu besar, mengingat rangkaian acaranya hanya digelar sederhana.

Diketahui, dia mengatakan, kepindahan Sukmawati dari Islam ke Hindu merupakan perjalanan panjang yang berlangsung selama puluhan tahun terakhir. Bahkan, sudah sejak lama Sukmawati berkunjung ke pura di Bali dan mendalami ajaran Hindu melalui kitab sucinya.

Bukan hanya itu, putri mantan Presiden Soekarno tersebut juga kerap bertemu pemuka agama Hindu untuk memahami lebih dalam kepercayaan akan akan dianutnya tersebut.

“Beliau ini suka dengan Hindu dan Bali. Selalu meminta datang ke pura, udah puluhan tahun ini suka membaca kita suci Hindu. Dia juga suka berdiskusi dengan para biksu, para pendeta-pendeta, pemangku kami.”

“Beliau juga sehari-hari sembahyangnya menggunakan sarana Hindu. Mungkin 2021 baru beliau mendapatkan petunjuk spiritual untuk bisa masuk ke agama Hindu,” kata dia.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS