page hit counter
Tembolak Pelangi dan Monumen Mataram Metro, Landmark Destinasi Wisata Kota Mataram

Tembolak Pelangi dan Monumen Mataram Metro, Landmark Destinasi Wisata Kota Mataram

Warta Mataram – Setiap daerah yang menjadi tujuan pariwisata tentunya memiliki landmark yang dapat meninggalkan kesan bagi para wisatawan. Selain menjadi tujuan bagi para wisatawan, landmark juga dijadikan sebagai salah satu target foto para wisatawan, karena hal tersebut sebagai penanda bahwa yang bersangkutan pernah berada di wilayah tersebut.

Bicara mengenai landmark, Kota Mataram memiliki dua landmark yang cukup terkenal yaitu Tembolak Pelangi dan Monumen Mataram Metro. Keduanya terletak di sebelah Selatan Kota Mataram, tepatnya sebagai pembatas antara Kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Barat. Kedua landmark tersebut memiliki ciri khas masing-masing dan tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Tembolak Pelangi Mataram

Tembolak Pelangi Mataram, salah satu ikon instagrammable. Photo By: Bamz

Tembolak berarti tudung saji dalam Bahasa Sasak. Dinamakan demikian karena bentuknya seperti tudung saji raksasa berwarna-warni seperti pelangi. Tembolak Pelangi menjadi salah satu ikon dari Kota Mataram yang menjadi favorit bagi sebagian warga. Desain yang begitu unik serta warna yang begitu cerah menjadikan ikon wisata ini sebagai tempat yang instagrammable.

Tembolak Pelangi ini terletak di Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok tepatnya di Jalan Lingkar Selatan dan menjadi pembatas antara Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram. Berbentuk tudung saji, karena secara filosofi bentuk ini menandakan bahwa Kota Mataram siap menerima tamu dengan tangan terbuka.

Monumen Mataram Metro

Monumen Mataram Metro dengan ikon mutiara di puncaknya. Photo by: Yuda

Sebagai Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram tidak hanya berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan pendidikan, melainkan juga sebagai salah satu destinasi wisata yang dimiliki oleh NTB. Meskipun berada di tengah Kota, namun Mataram memiliki banyak sekali destinasi wisata, baik itu yang menawarkan pesona alam, kelezatan kuliner, hingga kemegahan bangunan seperti salah satu landmark yang ada di Jalan Lingkar Selatan.

Para wisatawan yang memasuki Kota Mataram melalui jalur Bypass Bandara Internasional Lombok, maka akan menemui dua landmark ikonik Kota Mataram yaitu Tembolak Pelangi dan Monumen Mataram Metro. Monumen tersebut berdiri tegak dengan megah menjulang ke angkasa setinggi 50 meter dan sebagai penanda bahwa anda sudah berada di Kota Mataram.

Pada ujung puncak monumen ini, terdapat ikon kerang mutiara sebagai tanda bahwa Lombok khususnya Kota Mataram adalah salah satu penghasil dan pengrajin mutiara terbaik di dunia. Keberadaannya menambah cantik monumen tersebut dan menjadi salah satu ikon wajib untuk difoto.

Dua ikon landmark destinasi wisata di Kota Mataram tadi sudah cukup menandakan bahwa Kota Mataram telah berinovasi dan telah siap menjadi destinasi wisata baik bagi warga lokal, warga luar daerah hingga mancanegara.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS