page hit counter
Tayang di Disney+, Film Yang Tak Tergantikan Syuting Hanya 11 Hari!

Tayang di Disney+, Film Yang Tak Tergantikan Syuting Hanya 11 Hari!

Halo sobat Sushi!

Memasuki awal bulan Juni, kita sudah disambut oleh dua film box office sekaligus, yang menyajikan nuansa horror-thriller untuk kamu nikmati di akhir pekan.

Kali ini, sambil menunggu rilisnya film baru di gedung bioskop; Sushi ingin mengajak kamu untuk mundur sedikit  di bulan Januari, yang juga menghadirkan film bertema keluarga yang Sushi jamin bisa bikin kamu baper!

Film tersebut berjudul Yang Tak Tergantikan. Diproduksi oleh Falcon Pictures dan di Sutradarai oleh Herwin Novianto, Yang Tak Tergantikan tayang di Disney+ Hotstar tanggal 15 Januari 2021 lalu. Meskipun sudah lewat 6 bulan, tetapi Yang Tak Tergantikan mampu membawa kamu masuk kedalam cerita yang relateable dengan kehidupan sehari-hari kamu bersama keluarga.

Seperti apa sih kisah Yang Tak Tergantikan itu? Berikut Sushi lampirkan sinopsis singkat dari film ini!

Sinopsis

Yang Tak Tergantikan, menceritakan kisah kehidupan Aryati (Lulu Tobing) yang harus berjuang sendirian sebagai single parent, sejak ia bercerai dengan suaminya. Dikaruniai dengan tiga anak yang berprestasi dalam bidangnya masing-masing, Aryati mengarungi lautan kehidupan sendirian dengan lika liku perjalanan yang sarat makna.

Terinspirasi dari Kehidupan Sehari-hari

Film ini lahir dari buah pikiran Herwin, berkat inspirasi dari film lawas berjudul Ibunda karya Teguh Karya. Juga karena Herwin yang miris melihat kondisi keluarga di jaman sekarang; dimana sudah mulai jarang berbincang-bincang di meja makan, bercerita mengenai pengalaman hari itu atau mungkin sekadar menonton televise bersama—tanpa campur tangan dari smartphone.

Di dalam film ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana Aryati selalu mengumpulkan semua anak-anaknya di meja makan; entah sebelum beraktifitas ataupun sepulang dari seharian di jalanan. Anak-anak jaman sekarang—terutama generasi Z—lebih memilih mengurung diri di kamar selepas berkegiatan atau sepulang sekolah.

Harapan Herwin, film ini mampu membawa nostalgia dan kesadaran, bahwa hal-hal dalam kehidupan sehari-hari dalam setiap adegan adalah sesuatu yang pernah nyata dan begitu hangat dirasakan dalam keluarga.

 

Sarat akan Pesan Moral

Bagi kamu yang sudah menonton film ini, pasti sangat setuju kalau Yang Tak Tergantikan memiliki pesan moral yang amat mendalam. Jujur saja, mulai dari pertengahan film, konflik, hingga ending; mata Sushi basah oleh air mata hingga membengkak. Nah loh, bisa dibayangin kan sebaper apa sih nonton film ini!

Sushi sangat kagum dengan akting dari Lulu Tobing. Ia rela melakukan riset dengan cara menonton serial dari negara Korea, untuk mendapatkan muse demi perannya menjadi seorang ibu tunggal. Hasilnya? Sushi akui, layak mendapatkan standing applause.

Setiap tutur kata Aryati, seakan mengingatkan bahwa:

“Manusia akan selalu memiliki kesalahan, dan melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Karena hidup manusia adalah belajar, belajar, dan terus belajar; mulai dari ia lahir hingga berhasil mengantarkan buah hatinya meneruskan generasi.”

Setiap adegan mengenai masing-masing karakter sang anak, juga dapat menginspirasi keluarga muda untuk belajar menghadapi buah hatinya tanpa perlu menggunakan emosi. Dan dari film ini, kita ditunjukkan bahwa perjuangan seorang ibu yang menjadi orang tua tunggal sangatlah berat.

 

Syuting Berjalan Selama 11 Hari

Salah satu kendala dari industri perfilman di masa pandemi, tidak lain adalah gedung bioskop yang belum dibuka. Selain itu, pengambilan adegan dalam sistem protokol kesehatan pun menyulitkan masing-masing yang terlibat di dalamnya.

Syukurnya, Yang Tak Tergantikan dapat menjalani proses yang lancar dan menghadapi problema tersebut dengan baik. Setiap hari, para crew melakukan penyemprotan desinfektan sebelum dan sesudah kegiatan. Tak lupa, para pemain pun juga menjalani pemeriksaan kesehatan.

Herwin berkata, film ini direncanakan untuk tayang di bioskop. Namun karena pandemi, akhirnya pihak dari rumah produksi memilih opsi kedua lewat jalur penayangan di Disney+ Hotstar. Walaupun ditayangkan secara streaming online, nampaknya Yang Tak Tergantikan mampu membuat penonton memiliki visual cerita yang penuh makna.

 

Dewa Dayana, Aktor yang Keluar dari Zona Nyaman

Bagi sahabat Sushi, mungkin sudah familiar dengan kehadiran Dewa Dayana dalam beberapa film seperti: Asal Kau Bahagia (2018), juga Warkop DKI Reborn 3 dan 4 yang dibintangi oleh Aliando Syarief.

Putra dari pasangan aktor Gusti Randa dan Nia Paramitha ini, sangat bersyukur ia bisa terlibat dalam film Yang Tak Tergantikan. Ia merasa tertantang memerankan sosok Bayu; putra sulung dari tiga bersaudara yang tinggal hanya bersama ibunya, Aryati.

Di dalam Yang Tak Tergantikan, Dewa memerankan sosok tulang punggung pengganti sosok ayahnya sebagai kepala keluarga. Karakter Bayu adalah seseorang yang kehilangan pekerjaan dan sempat terlibat dengan narkoba.

Beradu akting dengan Lulu Tobing, Dewa merasa ini adalah pengalaman yang menarik. Ia harus benar-benar menggali dan memunculkan karakter Bayu yang sangat bertolak belakang dengan dirinya. Dalam mencari benang merah tersebut, setidaknya ada satu persamaan antara dirinya dan Bayu; yaitu sama-sama memiliki adik. Berkat kesamaan itu, Dewa berusaha mewujudkan karakter Bayu menjadi nyata di hadapan kamera.

Penutup

Film Yang Tak Tergantikan, Sushi jamin akan membawamu kedalam atmosfer berbeda dari drama Indonesia lainnya. Tanpa melibatkan bumbu romansa, konflik yang berputar-putar dan cenderung cringe; Yang Tak Tergantikan akan membuatmu sesegera mungkin menelepon ibumu, dan menyampaikan kepada beliau, “Bu, Ibu adalah wanita yang hebat. Aku sayang pada ibu dan berjanji akan membanggakan ibu suatu hari nanti.

Cukup baper juga ya efeknya! Hahaha

Semoga artikel ini, cukup membantu menggugah semangat kamu dan juga menambah info yang menarik untuk di simak. Bila ada yang ingin kamu tanyakan, tulis pertanyaan kamu di kolom komentar ya!

Jangan lupa ikuti terus update dari Sushi.id untuk film-film segar dan fantastis yang pastinya layak untuk kamu tonton. Bila kamu suka dengan tulisan dari Vian Everdeen, kamu bisa melihat artikel lainnya di sini. Sampai ketemu lagi dalam review berikutnya yang akan membahas serial terbaru dari Disney+ Hotstar berjudul Loki!

Ditulis oleh Vian Everdeen

CATEGORIES
Share This

COMMENTS