page hit counter

Tanggul Sungai Kemuning Jebol, 112 rumah Terendam Banjir di Bogor

JAKARTAHujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa 19 Oktober 2021, telah menyebabkan Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojong Gede terendam banjir dengan tinggi muka air berkisar antara 20-40 Cm.

Hal itu berdasarkan laporan yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Kamis (21/10/2021).

“Banjir yang melanda Kecamatan Bojong Gede tidak hanya terjadi akibat curah hujan tinggi, juga disertai dengan tingginya debit air Kali Kemuning sehingga membuat jebol tanggul penahan kali,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Abdul mengatakan, kerugian materil setidaknya 112 unit rumah masih dalam pendataan dan 450 jiwa terdampak pada peristiwa tersebut. Kondisi terkini genangan air telah surut.

Baca juga: Hujan Deras, 230 Rumah di Malang Terendam Banjir

“BPBD Kabupaten Bogor bersama instansi terkait telah melakukan asesmen ke lokasi untuk selanjutnya melakukan proses rehabilitasi dengan menutup tanggul yang jebol serta melakukan evakuasi di daerah terdampak bencana,” ujarnya.

Baca juga: Sejumlah Kawasan di Kota Samarinda Masih Alami Banjir

Sementara itu, pantauan prakiraan cuaca BMKG pada hari ini, Kabupaten Bogor masih berpotensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari, sedangkan esok hari Jumat 22 Oktober 2021 berpeluang berawan hingga hujan ringan.

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS