page hit counter
Tak hanya hewan, ternyata mobil juga ada yang dilindungi dari kepunahan

Tak hanya hewan, ternyata mobil juga ada yang dilindungi dari kepunahan

Lamborghini Countach LP400S 1979

Perlindungan hewan atau satwa langka kerap kita dengar untuk pelestarian agar tidak punah. Ternyata mobil juga memiliki perlidungan seperti hewan, untuk melestarikan agar dilindungi tidak punah di muka bumi.

Sebuah organisasi bernama National Historic Vehicle Register dibentuk pada 2013, menjadi salah satu yang mencatat dan memberikan perlindungan bagi kendaran yang sudah langka.

Seperti hewan, lembaga ini memiliki peran menjaga populasi mobil bukan dengan menguasai, namun memberikan edukasi maupun cara melakukan perawatan mobil yang dinilai sudah sangat jarang di dunia.

Lamborghini Countach LP400S 1979
Lamborghini Countach LP400S 1979 foto: Motor1

Dengan edukasi tersebut, diharapkan pemilik yang masih menyimpan mobil langka sebagai koleksinya, bisa mempertahankan kondisi mobil agar tidak rusak dan menjadi rongsok sebagai cikal dari kepunahan mobil saat ini.

Tak hanya mobil, organisasi ini juga menginventaris melalui pendataan setiap kendaraan mulai dari sepeda motor hingga truk yang bersejarah di setiap negara.

Mobil langka dilindungi dari kepunahan

Salah satu mobil yang mendapatkan perlindungan yaitu, Lamborghini Countach LP400S 1979. Mobil ini menjadi salah satu unit yang saat ini populasinya sangat terancam dan sedikit di dunia, demikian seperti dikutip Hops.id dari motor1 Rabu 11 Agustus 2021.

Lamborghini Countach LP400S 1979
Lamborghini Countach LP400S 1979 foto: ist

Lamborghini Countach LP400S 1979 sendiri menjadi mobil yang tenar karena digunakan dalam film Cannonball Run di era tahun 81.

Di atas kertas mobil ini memiliki mesin dengan konfigurasi V12 dengan kapasitas 4.0 liter yang menghasilkan tenaga mencapai 353 tenaga kuda.

Model mobil ini terbilang cukup futuristik di eranya, bahkan Lamborghini Countach disebut sebagai cikal bakal mobil performa dengan kecepatan menakjubkan dan moyang bagi perkembangan supercar saat ini.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS