page hit counter

Sukses, HK Endurance Challenge Jadi Pintu Menuju WSBK Mandalika

MATARAM-Geliat pariwisata Mandalika kian bergairah jelang perhelatan World Superbike Mandalika November mendatang. Kebangkitan pariwisata Mandalika ditandai dengan digelarnya Hutama Karya (HK) Endurance Challenge 2021 yang diinisiasi Hutama Karya (Persero), kemarin (17/10).

Pelaksanaan event ini berlangsung sukses dan meriah. Namun tetap dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini pun sontak membuat pariwisata di Kawasan Mandalika ramai seketika. Yang menarik dari event ini, juara pertama diraih oleh atlet asal NTB Yan Bahtiar. Ia berhasil mendahului Emmanuel Galboardin dari Prancis dan Steven Dow asal Inggris yang ada di posisi ketiga.

Director Human Capital & Legal Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan event ini adalah salah satu komitmen dari Hutama Karya sebagai BUMN di bawah pimpinan Menteri Eric Tohir. Hutama Karya ingin berkontribusi untuk negara salah satunya membangkitkan pariwisata.

Maka, lahirlah pemikiran dari Direktur Operasi 1 Hutama Karya (Persero) sekaligus pembina HK Endurance Challenge Novias Nurendra  menggelar kegiatan ini. “Dengan kegiatan kecil kami berharap bisa memberi dampak besar,” cetusnya.

Event ini diharapkan membuktikan pada dunia bahwa saat ini semua sudah  bisa bergerak setelah pandemi Covid-19 yang sudah mereda. “Kedua kami ingin mengenalkan pulau yang luar biasa dan provinsi yang luar biasa ke 18 negara yang menjadi agar gemanya bersama-sama dirasakan,” sambungnya.

Yang tak kalah penting, Hutama Karya ingin membuktikan diri sebagai kontraktor yang punya produk excelent. Berperan penting dalam pembangunan banyak hal mulai dari infrastruktur bandara, sirkuit, dan lainnya. “Semua terbayar dengan kesuksesan acara ini. Kita sama-sama doakan agar bisa dilaksanakan di masa mendatang,” harapnya.

HK Endurance Chalenge merupakan ajang invitasi bagi para peserta dari berbagai negara. Total ada 100 peserta yang ikut dalam event ini. Mereka diajak untuk diajak berenang, bersepeda dan berlari atau triathlon. Mereka memulai garis start dengan berenang dari Gili Air Kabupaten Lombok Utara ke Pantai Sire sejauh 2 kilometer.

Selanjutnya peserta bersepeda dari Pantai Sire ke Mandalika sekitar 100 kilometer. Setelah tiba di di Kawasan Mandalika, mereka berlari sejauh 21 kilometer hingga menyusuri jalanan Sirkuit Mandalika. Sehingga total keseluruhan sejauh 123 kilometer.

Ini merupakan ajang invitasi yang pertama di Indonesia oleh HK untuk mendukung WSBK dan MotoGP. Acara ini berlangsung dengan meriah. Para peserta yang didominasi  warga asing terlihat antusias meski tenaga mereka terkuras habis mengikuti event ini.

Sanderson, salah satu peserta asal Inggris mengatakan event ini sungguh luar biasa menyita tenaganya. Karena udara panas siang kemarin terasa sangat menyengat dan menguras energi. Namun demikian semua terbayar dengan melihat keindahan pariwisata Lombok. “Udara panas ini yang menjadi tantangannya. Tapi pantainya indah, alam pegunungan dan warganya ramah. Sangat bagus acaranya,” pujinya.

Mahalia, peserta lainnya asal Bali juga mengatakan jika kegiatan seperti ini sudah cukup lama diharapkannya. Pandemi Covid-19 yang cukup panjngan membuat ia selama ini tak bisa melaksanakan banyak kegiatan positif dan menyenangkan seperti ini.

Andy Wibowo atlet triathlon profesional yang pertama menuntaskan even HK Endurance Challenge mengatakan event ini menjawab kerinduannya. “Sudah dua tahun tidak ada event, jadi kami sangat senang bisa ikut acara ini,” syukurnya.

Lombok menurutnya memang sangat cocok untuk mendorong sport tourism. Karena potensi alam yang dimiliki sangat lengkap dan indah. “Semoga ini bisa menjadi acara tahunan,” harap pria yang diundang sebagai tamu khsusus dalam event ini.

Sedangkan Yan Bahtiar yang finish di belakang Andy Wibowo tak kalah senangnya karena mendapatkan hadiah Rp 25 juta. Ia berhak menjadi juara I meski finish urutan kedua karena Andy tak masuk dalam kategori peserta. Yan berhasil mengalahkan pesaingnya dengan catatan waktu 5 jam 30 menit 57 detik. Di belakangnya Emmanuel Galbourdin mencatatkan waktu 5 jam 44 menit 11 detik. Disusul Stephen Dow dengan catatan waktu 5 jam 55 menit 20 detik.

Sementara untuk kategori perempuan ada Emma Jean Payne yang berhasil juara I dengan catatan waktu 6 jam 36 menit 23 detik. Disusul Shannon Francis dengan catatan waktu 7 jam 06 menit 47 detik. Juara I mendapatkan hadiah uang tunai Rp 25 juta. Juara 2 Rp 20 juta dan juara 3 Rp 15 juta.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menambahkan, HK Endurance Challenge 2021 yang digelar kemarin adalah bagian dari upaya promosi serta memulihkan pariwisata NTB. Dengan suksesnya event ini, ia berharap masyarakat akan semakin yakin datang ke NTB untuk berwisata yang aman dan sehat.

“Event seperti ini bisa kita laksanakan dengan sukses. Terlihat dari peserta, panitia dan pengunjung yang mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Ini menunjukkan pariwisata kita semakin baik dan NTB siap dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujarnya. (ton)

 

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS