page hit counter
Suara Serak Dalam Waktu Lama, Waspada Gejala Kanker Tenggorokan

Suara Serak Dalam Waktu Lama, Waspada Gejala Kanker Tenggorokan

Penyakit kanker tenggorokan merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang disebabkan berkembangnya sel di bagian tenggorokan secara berlebihan. Hal ini membuat seluruh sel itu menghambat fungsi tenggorokan dalam kondisi normal. Perubahan atau sel yang bermutasi di bagian tenggorokan itu menjadi abnormal dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya hal ini terjadi akibat adanya virus atau bakteri tertentu yang masuk ke dalam bagian tenggorokan langsung. Penyebab dari kanker tenggorokan ini seperti kebiasaan merokok yang berlebihan, infeksi virus HPV, sistem imun atau kekebalan yang lemah dan lainnya. Kondisi seperti ini membuat kamu harus memahami gejala kanker tenggorokan.

5 gejala kanker tenggorokan yang wajib diketahui

Biasanya gejala kanker tenggorokan akan mudah diketahui setelah seluruh sel berkembang dengan sangat pesat. Hal ini juga terjadi pada kondisi atau tahap lanjutan dari penyakit kanker. Selain itu, gejala yang sangat mudah dikenali lagi biasanya melalui perubahan dari kondisi fisik sekitar tenggorokan. Seluruh gejala seperti ini memang harus diketahui sejak dini untuk menentukan tindakan medis yang ideal. Berikut ini ada beberapa gejala kanker tenggorokan seperti:

1. Suara yang serak dalam waktu lama

Salah satu gejala kanker tenggorokan yang paling mudah diketahui adalah suara yang mengalami serak. Hal ini terjadi karena tenggorokan mengalami radang atau pembengkakan. Suara yang keluar dari tenggorokan akan mengalami gangguan. Bahkan, pada kondisi tertentu bisa saja penderita mengalami kehilangan suara untuk jangka waktu tertentu. Bila dipaksakan untuk berbicara biasanya tenggorokan dan bagian leher akan merasakan perih yang sangat dalam. Pada tingkatan tertentu, suara yang keluar dari bagian tenggorokan memang masih bisa terdengar. Namun, bila kondisi sangat parah maka suara akan hilang.

2. Batuk kronis tiba-tiba

Penderita juga akan mengalami batuk kronis secara tiba-tiba. Batuk ini dianggap sebagai batuk kering yang mengakibatkan tekanan dalam tenggorokan semakin berlebihan. Batuk ini kadang juga akan membuat radang pada tenggorokan menjadi lebih buruk. Selain itu, pada kasus tertentu batuk kronis ini akan mengeluarkan darah dalam jumlah yang cukup kecil. Bila penderita sudah mengeluarkan batuk berdarah maka hal itu sudah dalam tahap stadium yang mengkhawatirkan. Ini membutuhkan penanganan yang sangat serius.

3. Tenggorokan yang sakit dan perih

Gejala lain yang bisa dirasakan para penderita penyakit kanker ini adalah tenggorokan yang sangat sakit dan perih. Biasanya hal ini terjadi pada saat menelan makanan atau minuman dalam jumlah tertentu. Kondisi ini memang dimulai pada pembengkakan bagian tenggorokan. Pada kasus yang lebih ringan biasanya penderita mencoba untuk mengkonsumsi jenis makanan atau nutrisi yang memiliki tekstur lebih lembut. Namun, bila tahapan sudah mengkhawtirkan maka akan dilakukan tindakan medis.

4. Adanya benjolan di bagian leher

Gejala fisik seperti ini memang selalu menjadi perhatian khusus bagi dokter THT. Bila terdapat benjolan di bagian leher dengan ukuran yang cukup besar maka hal ini sudah memasuki stadium lanjutan. Bahkan, ukuran dari benjolan itu akan terus bertambah sesuai dengan kondisi dari bagian tenggorokan. Beberapa penderita penyakit ini juga mengalami rasa perih dan nyeri pada saat benjolan itu disentuh.

5. Berat badan turun drastis

Ini merupakan gejala yang paling umum terjadi pada penderita yang masuk dalam tahapan lanjutan atau stadium atas. Kondisi tenggorokan yang sudah buruk akan membuat metabolism tubuh terganggu. Dampak yang dirasakan tentu saja berat badan akan turus secara drastis.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS