page hit counter

Stok Beras Melimpah, Komoditas Lain Cukup

MATARAM-Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTB Fathul Gani memastikan stok dan harga komoditas pangan strategis di NTB terkendali. Dia mencontohkan pangan beras yang memiliki ketahanan stok minimal dua hingga tiga bulan kedepan. ”Karena bulan-bulan ini petani di kabupaten kota panen raya, iklim juga bersahabat,” katanya saat ditemui, Kamis(19/8).

Beras saat ini memiliki ketersediaan stok mencapai 41,057,48 ton. Kondisi ketersediaan yang surplus juga membuat komoditas ini mengalami penurunan harga di pasaran. Dari Rp 10 ribu di minggu lalu, kini menjadi Rp 8 ribu. Hal yang sama juga dialami cabai rawit yang turun drastis, dari Rp 25 ribu menjadi Rp 15 ribu. Sedangkan bawang putih dan merah, cabai keriting, minyak, gula, telur, jagung, daging sapi dan ayam justru masih dalam pantauan harga dan stok yang normal.

”Seluruhnya memiliki stok lebih dari satu bulan kedepan,” katanya.

Untuk komoditas gula dan minyak, pihaknya mengaku terus menjaga rantai pasokan distribusi. Gula didistribusi dari Dompu oleh PT SMS dan minyak didistribusi dari luar daerah.

Untuk itu, peran pelaku UMKM yang menjual minyak-minyak goreng lokal terus dikembangkan. Selama PPKM kata dia, langkah antisipasi terus digencarkan melalui program pekarangan pangan lestari.

”Ini sekaligus edukasi ke masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Pasar Kebon Roek Malwi juga mengatakan ketersediaan barang memang cukup stabil. Namun permasalahan datang dari sisi daya beli masyarakat yang masih turun.

Menggaet pembeli, otomatis penjual juga harus menurunkan harga jual. ”Iya masih sepi begini sejak PPKM. Ada peningkatan kunjungan tapi tetap tak seramai dulu,” imbuhnya. (eka/r9)

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS