page hit counter
Sosok Honda Jazz produksi terakhir banyak bikin menyesal

Sosok Honda Jazz produksi terakhir banyak bikin menyesal

Honda Jazz produksi terakhir

Penghentian produksi Honda Jazz yang dilakukan sejak Maret 2020 membuat banyak penyesalan bagi masyarakat, tak terkecuali netizen. Banyak komentar yang menyayangkan penghentian produksi Honda Jazz di Indonesia.

Pasca penghentian produksi, produsen Honda melakukan langkah penggantian dengan mengganti model kendaraan hatchback kawula mudanya menggunakan City yang berubah desain dari sedan menjadi hatchback.

Setelah dinyatakan berhenti produksi, muncul foto produksi terakhir Jazz yang diabadikan karyawan pabrik Honda sebagai moment terakhir bersama model mobil tersebut.

Honda Jazz produksi terakhir
Honda Jazz produksi terakhir Foto: Motoblast

Foto postingan diunggah akun @motoblast yang nampak beberapa karyawan berpose depan Honda Jazz produksi terakhir. Di bagian mobil disematkan pita dengan tulisan 2021-2021 yang menandakan tahun produksi pertama dan terakhir.

Dengan sejarah yang tak bisa dibilang singkat, potret ini pun sukses membuat pengagum mobil tersebut susah move on, seperti yang terlihat pada beberapa komentar berikut ini.

“Sedih belum pernah punya,” tulis achmadfirl***.

“Legend hachtback,” kata anggs***.

“Padahal mimpiin punya Jazz Rs tapi belum punya duit, tapi uda stop semoga lanjut lagi Honda,” sahut herysyamf***.

Honda Jazz bermesin 1.2 liter
Honda Jazz bermesin 1.2 liter Foto: Rushlane

Spesifikasi Honda Jazz

Honda Jazz muncul pada 2012 sebagai mobil hatchback yang cukup populer di kalangan anak muda. Desain compact yang fungsionalitas membuat mobil ini kerap dijadikan trendsetter kendaraan yang menunjang gaya hidup anak muda.

Popularitas baik desain hingga perubahan tampilan, juga ditunjang dengan kemampuan teknis dari sektor pacu mobil ini. Tak heran mesin 1.5 liter dengan teknolgi iDSI di generasi pertama kerap menjadikan Jazz sebagai tunggangan yang dipilih untuk ajang balap.

Dunia modifikasi juga banyak yang memilih Jazz sebagai tunggangan yang mudah mendapat ubahan baik gaya racing maupun JDM.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 87 PS serta torsi puncak 128 Nm. Setelah beberapa waktu, mobil ini mendapat pembaruan mesin. Fitur khas VTEC mulai disematkan, membuat tenaga mobil ini kian nampol hingga 110 PS plus torsi 143 Nm, bahkan bisa 122 PS plus torsi 145 Nm untuk keluaran terakhir.

Honda Jazz Facelift mesin 1.2 liter
Honda Jazz Facelift mesin 1.2 liter Foto: Rushlane

Honda tak sembarangan suntik mati model

Meskipun kini banyak produsen menggunakan platform global untuk produk yang dipasarkan banyak negara, namun untuk memutuskan suntik mati pada satu produk bukanlah hal yang bisa dilakukan cepat dan langsung.

Dijelaskan Yusak, jika seluruh produk mobil yang dipasarkan Honda di Indonesia maupun di beberapa negara, merupakan model yang dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen suatu negara bahkan memiliki karakteristik bagi masyarakatnya.

“Setiap produk yang kami perkenalkan itu selalu sesuai dengan target pasarnya dan keinginan konsumen khususnya di Indonesia,” ungkapnya. Dengan demikian, bukan menjadi hal yang mudah bagi produsen untuk menghentikan produksi suatu model.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS