counter hit make

Sosialisasi Pilwakot Kota Mataram

Sosialisasi Pilwakot Kota Mataram

Wartamataram – KPU Kota Mataram menggelar sosialisasi Pilwakot atau Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 15 Tahun 2019 sebagai bagian dari kegiatan pra-Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram yang akan diadakan 23 September 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram M. Husni Abidin di Mataram, Rabu (18/9/2019), mengatakan bahwa peserta dari sosialisasi PKPU 15/2019 tersebut dihadiri pimpinan partai politik dan unsur media massa.

Menurut Husni, sosialisasi tersebut disampaikan sesuai dengan isi PKPU yakni mencakup tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaran pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil walikota pada tahun 2020.

Husni juga menyinggung penandatangan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang dilakukan dengan Pemerintah Kota Mataram untuk kegiatan Pilkada 2020 dengan jumlah Rp 25 miliar yang belum memiliki kepastian jadwal meski dekat dengan sosialisasi Pilwakot Kota Mataram.

Namun, Husni juga berharap jika penandatangan NPHD nantinya akan dilakukan sebelum 23 September 2019 atau setidaknya paling lambat 25 September 2019. Alasannya adalah karena penandatangan NPHD ini akan menjadi tahapan pertama Pilkada 2020.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tahapan pemilu serentak secara nasional akan diluncurkan pada tanggal 23 September 2019 mendatang di Jakarta. Hal itu juga ditambahkan oleh Husni dalam acara tersebut dan berlanjut pada sosialisasi Pilwakot Kota Mataram.

Husni juga menyampaikan bahwa dana hibah untuk kegiatan Pilwakot Mataram pada tahun 2020 mendatang berjumlah sebesar Rp25 miliar. Dana tersebut telah disepakati sebesar Rp1 miliar pada tahun anggaran 2019, sedangkan sisanya Rp24 miliar pada bulan Januari atau Februari 2020.

Menurut Husni, pada pilkada tahun 2019 tersebut dana sebesar Rp 1 miliar akan digunakan untuk sosialisasi penuh dalam tahapan pilkada. Bentuk sosialisasi yang akan dilakukan selama 4 bulan terakhir pada tahun ini seperti produk kebijakan KPU sebagai penyelenggara pemilu.

Sedangkan untuk sosialisasi tentang pasangan calon akan dilakukan pada bulan Juni 2020, dilanjutkan pada pemutakhiran data pemilih yang akan direncanakan pada bulan Maret hingga April 2020. Pendaftaran pasangan calon dari partai politik sendiri dijadwalkan pada bulan Juni 2020.