Media Berita Mataram dan NTB

SMPN 6 Mataram Raih Penghargaan Kampanye Sekolah Sehat Terbaik di Tahun 2023

Warta Mataram – Pada akhir tahun 2023, SMPN 6 Mataram berhasil meraih predikat terbaik dalam kampanye sekolah sehat di jenjang SMP, yang diberikan oleh Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) NTB.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala SMPN 6 Mataram, H. Sibawaih, secara langsung di Mataram dalam waktu yang tidak lama. “Alhamdulillah, ini merupakan prestasi yang membanggakan karena melibatkan seluruh warga sekolah,” ungkap Sibawaih.

Sibawaih menjelaskan bahwa kampanye sekolah sehat memerlukan aspek kesehatan gizi, fisik, dan imunisasi. Dalam hal kesehatan gizi, pihak sekolah melibatkan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Mataram untuk melakukan pemeriksaan terhadap makanan yang dijual di kantin sekolah. “Kami secara berkala memeriksa makanan di kantin sekolah. Kami memastikan makanan yang dijual sehat dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi tubuh,” jelasnya.

Selain itu, sekolah juga menyediakan galon air minum di beberapa titik yang dapat diakses oleh siswa untuk mengambil air minum, seperti di perpustakaan, laboratorium, dan ruangan lainnya. “Siswa-siswa kami umumnya membawa botol air minum, jika kehabisan, mereka bisa mengisi ulang di sekolah,” tambahnya.

Sementara untuk aspek kesehatan fisik, Sibawaih menjelaskan bahwa sekolah mengadakan sarapan bersama sekali dalam seminggu. Setiap Sabtu, setelah melakukan kegiatan olahraga, seluruh siswa berkumpul untuk sarapan bersama di sekolah. “Setiap Sabtu kami manfaatkan untuk sarapan bersama di sekolah,” paparnya.

Untuk menjaga kesehatan imunisasi, sekolah melibatkan Puskesmas Selaparang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan siswa setiap bulan, termasuk pengukuran berat badan, tinggi badan, dan kesehatan lainnya. “Setiap pemeriksaan kesehatan, siswa menerima tablet tambah darah (TTD) dan suplemen vitamin,” tutupnya.

Exit mobile version