counter hit make

Situs baca manga terbaik selain PojokManga, Mangaku, dan Samehadaku

Tampilan laman PojokManga. Foto: Tangkapan layar

Pecinta ‘Jejepangan’ pasti sudah tidak asing dengan situs baca manga seperti Mangaku, Samehadaku, PojokManga atau Oploverz. Ya, beberapa situs itu memang populer dikunjungi saat seseorang sedang ingin mencari atau membaca manga.

Sejumlah situs yang disebutkan itu populer, terutama di kalangan pecinta manga. Namun demikian, perlu diketahui jika situs itu merupakan ilegal, sehingga terdapat bahaya mengancam di baliknya. Bahaya tersebut seperti virus atau malware yang bisa menyerang perangkat, bahkan keamanan data pribadi juga bisa terancam.

Selain itu juga, jika membaca di situs baca manga ilegal, maka berarti tidak menghargai dan mengapresiasi para kreator manga dan seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembuatannya.

Nah, daripada mengunjungi situs ilegal untuk baca manga seperti PojokManga, Samehadaku, Mangaku atau Oploverz, berikut ini Hops.ID akan memberikan daftar 5 situs baca manga legal yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa saja itu? Simak yuk!

Book Walker

Situs Book Walker memiliki berbagai koleksi manga lintas genre. Mulai dari genre horror, aksi, drama dan lain-lain. Di situs milik Kodokawa ini juga kamu bisa membeli dan membaca digital manga dan light novel. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan beberapa judul yang gratis di situs ini.

Crunchyroll

Berikutnya ada Crunchyroll yang bisa kamu jadikan piihan untuk baca manga, ketimbang mengunjungi situs PojokManga, Mangaku atau Oploverz. Di situs Crunchyroll, selain bisa membaca, kamu juga bisa melakukan diskusi dengan pecinta manga lain. Meski sebagian besar kontennya berbayar, tapi tenang saja kamu masih bisa mengakses sejumlah konten yang gratis, namun terbatas.

ComicWalker

Situs baca manga ComicWalker juga bisa menjadi altenatif kamu untuk membaca manga. Situs yang diluncurkan pada tahun 2014 ini merupakan penyedia layanan membaca komik secara gratis. ComicWalker memiliki koleksi manga yang sangat banyak, mulai dari klasik hingga yang terbaru. Selain gratis, yang paling penting adalah situs ini legal.

ComiXology

Situs web manga daring yang dikelola oleh Amazon ini juga memiliki banyak sekali koleksi komik yang bisa diakses. Tak hanya serial animasi Jepang, kamu juga bisa menemukan sejumlah produk keluaran Marvel, DC, Dark Horse dan lain sebagainya. Bukan cuma itu, ComiXology juga memiliki komik original sendiri yang hanya bisa dinikmati secara eksklusif di situs ini.

MangaPlus

MangaPlus juga bisa menjadi pilihan kamu dibanding membaca di situs ilegal seperti PojokManga, Mangaku atau Oploverz. Situs yang diterbitkan oleh majalah manga ternama, Shueisha ini punya banyak sekali koleksi komik. Sebut saja seperti Boruto, Tokyo Ghoul dan masih banyak yang lainnya.

Karena situs ini berbayar, maka kamu tidak akan terganggu dengan banyaknya iklan yang biasa muncul seperti di situs ilegal. Jika mau gratisan, kamu juga masih bisa menikmati sejumlah karya di situs ini dengan terbatas.

Nah itu dia tadi 5 situs web untuk baca manga selain PojokManga, Samehadaku, Mangaku dan Oploverz. Karena situs-situs yang disebutkan di atas adalah legal, maka kamu tidak perlu khawatir akan banyaknya iklan pop-up yang biasa muncul di situs ilegal.

Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu khawatir akan virus, malware serta pencurian data. Dan yang lebih penting adalah dengan membaca di situs legal, maka berarti kamu mendukung dan mengapresiasi para pembuat manga dan seluruh pihak yang terlibat.

Jadi, mulai sekarang tinggalkan ya situs-situs baca manga ilegal dan bacalah di situs yang legal ya, Hopers!

Artikel dari Hops.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *