page hit counter
Sindiran Iwan Fals di Single Terbaru 16/01

Sindiran Iwan Fals di Single Terbaru 16/01

Musisi Iwan Fals semakin melambung tinggi berkat kritik sosial yang dulu kerap diekspresikannya lewat lagu. Di single terbarunya bertajuk 16/01, ia mencurahkan emosi atas kenyataan sosial. Yakni soal terjadinya pembelahan politik dan rakyat kerap diadu domba untuk kepentingan tertentu.

Bagi Iwan Fals, tidak perlu mendapat julukan atau gelar tertentu dalam membuat sebuah karya. Semua orang bisa membuatnya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dan bagi musisi, bisa mengekpresikan kegelisahan sehari hari melalui susunan kata yang berirama.

Iwan Fals sepertinya juga mencermati adanya intrik saling curiga di masa sulit pandemi yang terjadi seperti sekarang. Bahkan hal ini tetap terjadi di tengah rakyat membutuhkan bantuan. Di sisi lain terjadi ketidakadilan begitu jelas di depan mata.

Di single 16/01, Iwan Fals mengajak Sandrayati Fay sebagai teman kolaborasi. Lagu ini berbeda dibandingkan dengan musik pada umumnya sekarang. Lagu ini memiliki durasi hampir 8 menit. Berisi tentang kegelisahan Iwan Fals dan ajakan untuk bergembira mengucap rasa syukur sekaligus berdoa.

Iwan Fals mengungkapkan bahwa lagu ini beberapa kali dilakukan perubahan judul. Tapi setelah memikirkan panjang, akhirnya dipilih lah 16/01 sebagai judul lagu.

“Lagu ini dibuat pada tanggal 16 November 2020 sampai 01 Juni 2021. Tanggal 16 dibuat dan tanggal 01 selesai, jadinya 1601,” jelas Iwan Fals dalam keterangan tertulis diterima JawaPos.com Jumat (30/7/21).

Iwan Fals memilih Sandrayati Fay untuk berkolaborasi di single ini karena sudah mengenalinya cukup lama. Setidaknya Iwan Fals sudah mengenalnya sejak 2016 silam. Dia pun cukup tahu tentang gaya musik dan warna vokal Sandra.

“Kolaborasi ini terbentuk berkat peran dari Cikal. Dia merasa lagu ini cocok dibawakan dengan Sandra. Saya pun merasa cocok. Sosok Sandra luar biasa komunikatif, perhatian terhadap alam, terhadap orang lain, keseimbangan, hal-hal yang positif,” tutur Iwan Fals.

“Sandra sangat menghayati, ketenangan batin, dan dia suka yoga. Untuk Sandra yang sedang di negeri sana (Islandia), terus semangat. Semoga lagu ini bisa menghangatkanmu yang sedang kedinginan disana dan tetap menjaga tali silaturahmi.” imbuh Iwan Fals.

Sementara itu, Sandrayati Fay mengaku senang sekaligus terharu mendapatkan tawaran kolaborasi dengan Iwan Fals di lagu ini. Dia bangga karena pemilik nama asli Virgiawan Listanto ternyata percaya kepada dirinya sehingga memilihnya sebagai teman kolaborasi.

“Rasanya ini sangat relevan dengan keadaan sulit yang kita alami sekarang. Senang sekali bisa ikut untuk mengkomunikasikan pesan tentang terus pegangan ke cinta kasih ini ke orang banyak. Iwan Fals selalu punya hati yang besar dan berani untuk ngomong ke luar. Saya selalu terinspirasi sama perspektifnya tentang hidup dan merasa beruntung bisa nyanyi bareng sambil terus merayakan hidup,” tutur Sandra.

Source: Lombok Post

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS