page hit counter
Sindir Bahar Smith, Habib Zein: Kalau ulamanya gini, gimana pengikutnya?

Sindir Bahar Smith, Habib Zein: Kalau ulamanya gini, gimana pengikutnya?

Habib Bahar bin Smith. Foto: Instagram

Habib Zein Assegaf berkali-kali mengungkap rasa kecewanya terhadap pemuka agama—terutama keturunan Nabi Muhammad SAW—yang gila hormat dan tidak mengadopsi gaya hidup sederhana. Bahkan, yang terbaru, dia turut menyentil pemuka agama kontroversial, yakni Habib Bahar bin Smith.

Melalui video singkat yang viral di media sosial, Habib Zein pertama-tama mengomentari kebiasaan Habib Bahar yang kerap berpakaian mencolok dan didampingi pengawal berseragam.

Dia meminta, sebaiknya pemujaan berlebih terhadap keturunan Nabi Muhammad SAW dihentikan. Sebab, menurutnya, yang terjadi di Indonesia sudah melampaui batas.

“Hentikan pengkultusan habib yang sudah enggak pada tempatnya. Ini sudah melampaui batas, sudah keluar dari jalur Nabi Muhammad SAW,” ujar Habib Zein, dikutip Hops, Rabu 1 Desember 2021.

Habib Bahar bin Smith naik kuda. Foto: YouTube
Habib Bahar bin Smith naik kuda. Foto: YouTube

Berkaca dari kenyataan tersebut, Habib Zein meminta keturunan nabi lainnya bisa mengingatkan habib-habib yang gaya hidupnya melenceng dari kebenaran. Bukan hanya itu, dia juga menduga, ada sebagian pihak yang memanfaatkan gelar habib hanya untuk kepentingan pribadi.

“Cuma modal bahasa Arab, baca buku standar, ngoceh, jual diri dan mengatakan saya keturunan nabi, kalau mau masuk surga cintai saya, ujung-ujungnya minta upeti.

Menariknya, melihat kenyataan tersebut, Habib Zein berkesimpulan, seandainya tak bisa menghasilkan uang, apakan gelar habib masih tetap dibanggakan?

“Semualah saya tahu, kalau nggak ada duit, nggak ada yang mau jadi habib,” tegasnya.

Saran Habib Zein Assegaf

Sejauh ini, menurut pengamatannya, habib yang benar-benar habib biasanya lebih suka hidup sederhana. Bahkan, seandainya kelebihan harta, mereka pasti akan menyumbangkannya.

“Sekarang mana? Jadi agama sama habib ini dijadikan komoditi untuk cari nafkah, untuk memperbesar harta karun. Katanya ulama gak boleh miskin. Lho, Anda gila harta itu miskin yang sebenarnya,” ungkapnya.

Habib Zein Assegaf.
Habib Zein Assegaf.

Bahkan, menurutnya, jika ulamanya seperti yang dicontohkan di awal—yakni para habib yang tak meniru sifat Nabi Muhammad, bagaimana kemudian para pengikutnya?

“Kalau ulamanya begini, gimana pengikutnya? Katanya ulama pewaris nabi, seharusnya ikut semua jejak kehidupan nabi. Mikirin umat, hidup sederhana, dan nggak pernah menyombongkan diri,” kata dia.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS