page hit counter
Simak Gejala Infeksi Norovirus pada Anak, Orang Dewasa dan Bayi

Simak Gejala Infeksi Norovirus pada Anak, Orang Dewasa dan Bayi

Kebanyakan orang jatuh sakit dalam satu hari setelah menelan norovirus (kisaran 12-48 jam) sehingga virus memiliki masa inkubasi yang singkat. Gejala dan tanda termasuk muntah, diare berair, atau keduanya. Demam terjadi pada sepertiga hingga setengah dari orang yang terinfeksi. Kram perut atau sakit perut dan perasaan lelah, sakit kepala, dan nyeri otot umum adalah hal yang umum.

Orang yang terinfeksi biasanya haus, meskipun mereka mungkin kesulitan menjaga cairan. Secara umum, jika pasien dapat menelan cairan dalam jumlah yang sama yang mereka hilangkan melalui diare dan muntah secara oral, mereka akan sembuh. Gejala pada orang dewasa mungkin berbeda dengan gejala pada anak-anak. Anak kecil dan bayi mungkin tidak mengeluh kehausan tetapi mungkin tampak lesu atau lesu saat mereka mengalami dehidrasi. Gejala mungkin lebih parah pada pasien usia lanjut yang lemah atau wanita hamil. Orang yang tidak dapat mengganti cairannya dan mengembangkan tanda-tanda dehidrasi membutuhkan perawatan medis.

Masa Inkubasi Infeksi Norovirus

Kebanyakan orang menderita penyakit ringan yang berlangsung dua hingga tiga hari. Berbeda dengan diare akibat bakteri, seperti yang disebabkan oleh bakteri Shigella atau Campylobacter, norovirus tidak menimbulkan darah atau nanah pada tinja. Lamanya infeksi dapat diperpanjang pada pasien yang dirawat di rumah sakit atau pada anak kecil.

Norovirus telah dikaitkan dengan peradangan usus besar yang parah pada bayi baru lahir dan dengan flare penyakit pada anak-anak yang menderita penyakit radang usus, tetapi belum jelas peran apa yang dimainkan norovirus dalam kondisi ini.

Norovirus mungkin memiliki periode infeksi berkepanjangan yang dimulai bahkan sebelum seseorang jatuh sakit. Ada jeda pendek atau masa inkubasi (hingga dua hari) antara waktu orang tertular virus dan saat mereka mendapatkan gejala. Orang-orang mungkin tertular selama periode ini. Semua orang tertular saat mereka mengalami gejala atau menunjukkan tanda.

Meskipun periode paling menular telah berakhir ketika gejala pasien hilang, bahkan beberapa orang yang tampaknya telah pulih sepenuhnya setelah infeksi norovirus dapat terus mengeluarkan virus selama berminggu-minggu dalam tinja dan mungkin menjadi sumber infeksi bagi orang lain. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah (misalnya, mereka yang menerima kemoterapi atau menjalani transplantasi organ) dapat menularkan virus selama berbulan-bulan. Namun, secara umum, kebanyakan orang menjadi tidak menular sekitar 72 jam setelah gejala hilang. Akibatnya, meskipun mungkin sulit bagi orang tua untuk melakukannya, anak-anak dan orang dewasa sebaiknya tidak kembali ke sekolah, penitipan anak, atau bekerja sampai mereka bebas dari gejala selama tiga hari.

CATEGORIES
TAGS
Share This