page hit counter
Siap-siap, Pendaftaran CPNS Dibuka Akhir Mei

Siap-siap, Pendaftaran CPNS Dibuka Akhir Mei

JAKARTA–Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) bakal dibuka pada akhir Mei. Tahun ini pendaftaran tidak hanya diperuntukkan calon pegawai negeri sipil (CPNS), tetapi juga pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

”Seleksi PPPK ini kami selenggarakan dengan berpegangan pada dua kata kunci, yakni profesional dan siap pakai,” ujar Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Katmoko Ari Sambodo dalam rapat persiapan CASN beberapa waktu lalu.

Kemen PAN-RB juga sudah membeberkan formasi yang banyak dibuka pada seleksi CPNS dan CPPPK tahun ini. Melalui akun Instagram Kemen PAN-RB, formasi itu terdiri atas instansi pusat dan daerah. Untuk CPNS di instansi pusat, formasi terbanyak adalah penjaga tahanan, analis perkara peradilan, pemeriksa, analis hukum pertanahan, dan perawat. Untuk tingkat provinsi, formasi CPNS 2021 dibagi menjadi dua kategori. Yaitu, formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Sebelumnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB sudah mengusulkan formasi CPNS 2021 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Jumlahnya 471 formasi, berkurang 29 formasi dari usulan semula sebanyak 500 formasi.

Kepala BKD NTB Muhammad Nasir menjelaskan, 471 formasi itu terdiri dari 10 formasi guru agama; 287 formasi tenaga kesehatan; dan 184 formasi untuk tenaga teknis.

“Formasi CPNS ini masih belum final. Pemprov baru mengajukan pernyataan mutak kepala daerah, terkait kebutuhan dan jumlah formasi untuk CPNS,” katanya, Senin (11/1).

Setelah nanti ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), baru BKD akan membuat rinciannya. ”Rinciannya sebenarnya sudah ada. Tapi kita kan harus menunggu dulu, apakah 471 itu disetujui atau tidak,” jelas Nasir.

Terkait dengan perubahan usulan jumlah formasi, dilakukan berdasarkan rekomendasi dari BKN dan Kemenpan RB. Usulan tersebut, berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja, yang diberikan Biro Organisasi Setda NTB.

Dalam usulan CPNS sebelumnya, guru dan tenaga kesehatan biasanya mendominasi jumlah formasi. Tapi tidak dengan tahun ini. Kebutuhan guru, nantinya bakal diakomodasi melalui rekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Melalui PPPK, BKD sudah mengusulkan agar 5.018 guru untuk direkrut. Tentu jika lulus tes. Ini pula yang menjadi alasan, hanya ada 10 formasi guru agama dalam usulan CPNS 2021. ”Sisa kebutuhan guru kita nanti diangkat lewat PPPK itu,” beber Nasir.

Mengenai waktu perekrutan, Nasir belum bisa memastikan. Namun, jika melihat pelaksanaan CPNS tahun-tahun sebelumnya, proses seleksi biasanya dimulai pada September. Setelah ada persetujuan dari BKN terkait jumlah formasi yang disetujui.

”Harapannya antara CPNS dan PPPK ini perekrutannya bisa bersamaan,” tandasnya. (dit/JPG/r5/r2)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS