page hit counter
Sering Merasa Nyeri Saat Berhubungan Intim, Awas Gejala Kanker Serviks

Sering Merasa Nyeri Saat Berhubungan Intim, Awas Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang sering diderita kaum wanita. Penyakit jenis kanker ini berasal dari sel kanker yang tumbuh di bagian sel pada rahim wanita, khususnya dinding rahim. Secara umum, kanker ini diakibatkan dari virus yang sering disebut dengan human papillomavirus (HPV). Penularan yang sering terjadi pada virus ini biasanya melalui hubungan intim pada pasangan yang sudah terkena virus hingga kegiatan oral seks yang tidak sehat. Pengobatan yang dibutuhkan untuk mengatasi penyakit ini biasanya disesuaikan dengan gejala kanker serviks yang timbul. Apalagi masing-masing dari wanita yang mengalami penyakit ini memiliki gejala yang cukup berbeda.

Beberapa gejala kanker serviks yang patut diwaspadai

Sebenarnya gejala kanker serviks diperhitungkan dengan tingkatan atau stadium penyakit itu sendiri. Pada stadium awal, beberapa dokter memang belum bisa memberikan diagnose penyakit ini. Namun, pada stadium lanjutan terdapat beberapa gejala yang bisa terlihat sangat jelas sehingga bisa dilakukan pengobatan secara langsung. Hal ini terjadi karena sel kanker serviks ini sudah menyebar ke beberapa bagian dari organ yang ada disekitar serviks. Bila tidak mendapatkan penanganan langsung tentu saja akan memberikan dampak yang sangat buruk. Berikut ini ada beberapa gejala kanker serviks yang perlu diketahui seperti:

1. Pendarahan berlebihan pada organ intim wanita

Salah satu gejala kanker serviks yang paling sering terjadi adalah pendarahan yang sangat berlebihan. Biasanya pendarahan ini ada pada bagian organ intim wanita. Pendarahan ini bahkan di luar periode menstruasi. Hal yang cukup parah pendarahan ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Pada beberapa kasus, wanita yang mengalami gejala ini biasanya sudah memasuki masa menopause. Tentu saja ini akan memberikan rasa sakit yang sangat berlebihan.

2. Nyeri panggul

Beberapa wanita juga akan meraskan nyeri pada punggung atau panggul yang sangat berlebihan. Mungkin sebagian wanita menganggap bahwa hal ini terjadi karena terlalu lama duduk. Namun, gejala pada kanker ini memberikan nyeri di punggung dalam waktu yang lama. Rasa nyeri ini juga akan lebih terasa bila dalam keadaan membungkuk. Pada beberapa kasus misalnya wanita yang mengalami gejala ini juga merasakan nyeri pada saat berjalan tegak sekalipun.

3. Keputihan yang terlalu sering

Ini merupakan gejala yang cukup parah dalam memasuki stadium lanjut. Keputihan yang terjadi pada saat mengalami gejala kanker ini akan memiliki tekstur yang sangat encer. Bahkan, beberapa wanita juga akan mengalami keputihan yang bercampur darah. Cairan dari keputihan itu biasanya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahkan, pada kondisi tertentu keputihan ini sering terjadi dalam waktu yang cukup lama dan memberikan efek yang nyeri pada bagian organ intim.

4. Campuran darah saat mengeluarkan urine

Gejala lain yang sering ditimbulkan dari penyakit ini bisa dilihat pada saat mengeluarkan air seni atau urine. Bila terdapat campuran darah pada urine maka hal itu bisa saja sebagai salah satu gejala dari penyakit kanker. Gumpalan darah pada urine memang tidak terlalu banyak. Namun, hal ini juga bisa menjadi informasi yang penting untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter rahim.

5. Merasakan nyeri atau sakit saat berhubungan intim

Beberapa wanita juga sering merasakan nyeri atau sakit yang berlebihan saat melakukan hubungan intim. Kondisi seperti ini juga cukup diperparah dengan keluarnya darah yang menggumpal pada saat atau setelah melakukan hubungan intim.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS