counter hit make

Sepuluh Fakta Tentang Norovirus yang Wajib Diketahui

Norovirus adalah nama yang diberikan untuk sekelompok virus yang sangat menular yang diketahui menyebabkan gastroenteritis pada manusia dari segala usia. Kadang-kadang disebut sebagai kuman muntah musim dingin dan sangat lazim di lingkungan perawatan kesehatan, Norovirus dapat menjadi penyebab gejala keracunan makanan ringan hingga serius.

  1. Meskipun dikenal sebagai kuman muntah musim dingin dan tentunya lebih aktif di musim dingin, infeksi Norovirus dapat tertular sepanjang tahun.
  2. Virus dapat bertahan hidup di permukaan selama beberapa hari dan penularan dengan tangan dapat menyebabkan infeksi, seperti halnya menghirup udara yang terkontaminasi.
  3. Norovirus juga menyebar melalui kebersihan tangan yang buruk saat menyiapkan makanan, produk makanan yang terkontaminasi dan beberapa kerang, seperti tiram dan kerang, dapat membawa virus juga.
  4. Karena Norovirus sangat menular, virus ini dapat menyebar dengan cepat di rumah sakit, sekolah, restoran, kapal pesiar dan hotel dan dapat mengakibatkan penutupan, karantina atau denda.
  5. Penderita infeksi Norovirus dapat menunjukkan gejala mual, muntah dan diare serta demam, sakit kepala, kram perut dan nyeri tungkai.
  6. Gejala ini biasanya akan mulai muncul dalam waktu sekitar 48 jam, berlangsung selama 2-3 hari dalam banyak kasus.
  7. Karena ini adalah virus, antibiotik tidak efektif melawan infeksi Norovirus. Perawatan terbaik adalah dengan menjaga dehidrasi, istirahat dengan baik dan memperkenalkan kembali makanan biasa setelah perut Anda tenang.
  8. Perawatan medis, seperti obat anti penyakit atau anti diare, dapat diresepkan dalam kasus yang lebih serius yang belum sembuh setelah beberapa hari. NHS menyarankan untuk menghubungi dokter untuk meminta nasihat, daripada berisiko menyebarkan infeksi di rumah sakit atau tempat operasi dokter saat masih menular.
  9. Kebersihan yang baik dapat mengurangi risiko penyebaran virus Noro, termasuk mencuci tangan dengan sabun dan air, mendisinfeksi permukaan apa pun yang berisiko, dan mencuci pakaian atau selimut yang terinfeksi pada suhu tertinggi yang disarankan, terpisah dari kain lain.
  10. Pasien mungkin masih tertular hingga 48 jam setelah gejala berhenti, jadi disarankan untuk menghindari kembali bekerja, sekolah atau mengunjungi rumah sakit sampai mereka pulih sepenuhnya.