page hit counter

Sempat Viral, Kasus Penjaga Portal Lockdown Minta Rokok Berujung Damai

JAKARTA – Aksi pungutan liar (pungli) oleh oknum penjaga portal lockdown berujung damai. Kejadian tersebut sempat viral di media sosial.

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung mengatakan, oknum pelaku pemalakan berinisial R (50) bertindak spontanitas lantaran warga yang tengah melintas itu hanya beda satu RT.

“Hanya spontanitas aja bagi rokok dong ibu kan bukan warga sini gitu. Tapi kita sudah clear sudah minta maaf sudah buat pernyataan,” kata Manurung saat dihubungi wartawan, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga: Viral Oknum Penjaga Portal Lockdown di Kebon Jeruk Ngotot Minta Uang Rokok 

Manurung memastikan, pelaku berbuat sendiri dan tak ada perintah dari pihak manapun. Kepada polisi, pelaku mengaku baru sekali melakukan aksi palak ini.

“Baru kali ini dan belum dikasih dan tidak ada yang nyuruh. Dia atas kemauan sendiri. Jadi, dia disuruh jaga sama pak RT tapi untuk minta duit orang yang masuk tidak ada yang nyuruh,” katanya.

Kendati demikian, Manurung menjelaskan aksi pelaku tersebu tidak dijerat pidana. Sebab, pelaku belum mendapatkan uang dari korban.

“Nggak ada (perbuatan pidana). Kalau dibilang pungli belum diterima uangnya. Percobaan pemerasan juga enggak ada pemerasan pasalnya enggak ada. Jadi, ini hanya salah paham aja. Tadi bu Aini (korban) bilang kalau enggak dimintai pun setelah saya lewat juga dikasih kok,” pungkasnya.

Baca Juga:  Ini Penampakan Warga Antre Vaksin Ratusan Meter di Cilandak Barat

Sebelumnya, seorang oknum penjaga pintu lockdown di Jalan H. Ismail, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat memanfaatkan warganya untuk meminta uang saku ‘rokok’ supaya dapat masuk gerbang.

Hal itu diketahui melalui sebuah postingan video yang diunggah oleh akun Instagram @kamerapengawas, Jumat 2 Juli 2021. Dalam video berdurasi 50 detik itu, memperlihatkan seorang pengendara mobil yang diketahui adalah wanita berdebat dengan salah satu oknum pungli palang pintu.

Wanita itu mempertanyakan ihwal mengapa dirinya tidak diperbolehkan masuk meski ia merupakan warga setempat. Adu mulut pun terjadi. Sang oknum pungli lantas mengampirinya dan meminta uang rokok terlebih dahulu bila ingin melintas.

Source: RCTI+

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS