page hit counter
Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartwatch

Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartwatch

Rekomendasi smartwatch bagus

Jakarta, Wartamataram.com – Tak hanya untuk mengukur waktu, saat ini inovasi jam tangan membuat perangkat tersebut menjadi pintar dan memiliki deretan fitur canggih. Animo positif smartwatch kian dirasakan sampai menjadi trend-setter.

Pangsa pasar smartwatch pun terlihat tetap meningkat meskipun situasi beberapa negara diterpa pandemi Covid-19 yang hampir melumpuhkan sektor perekonomian.

Smartwatch juga menjadi salah satu sasaran empuk bagi para industri teknologi untuk menciptakan arloji pintar dengan menyuguhkan deretan fitur unggul yang mumpuni digunakan masyarakat di aktivitas kesehariannya.

Untuk kategori Best Smartwatch di Selular Editor’s Choice 2021, team Redaksi Selular mencatat terdapat 4 merk smartwatch yang masuk kedalam kategori tersebut, diantaranya yakni:

  1. Amazfit T-Rex Pro
  2. Huawei Watch GT 3
  3. Samsung Galaxy Watch 4
  4. Mi Watch Revolve Active

Guna lebih akrab dengan keunggulan dari masing-masing arloji pintar tersebut, berikut kami uraikan penjelasan detailnya untuk Anda.

Amazfit T-Rex Pro

Nominasi Best Smartwatch yang pertama Ada Amazfit T-Rex Pro. Arloji pintar dari produk Huami ini disebut sebagai perangkat yang lebih tangguh dari pendahulunya, yakni T-Rex Original. Soal spesifikasi, Amazfit T-Rex Pro dilindungi dengan ketahanan air 10ATM, cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Layarnya dibuat membulat dengan menggunakan panel AMOLED seluas 1,3 inci beresolusi 360×360 piksel. Terkait daya, smartwatch ini membenamkan baterai berkapasitas 390mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 18 hari dalam satu kali pengisian daya.

Dimensi kerangka jamnya sendiri adalah 47.7×47.7×13.5mm sementara beratnya mencapai 59 gram tanpa strap. Casingnya terbuat dari polycarbonate sedangkan kancingnya terbuat dari logam dan tali jamnya terbuat dari silikon yang lembut.

T-Rex Pro juga menghadirkan monitor saturasi oksigen darah SpO2 dan pelacakan tidur. Ada juga pelacakan aktivitas onboard untuk lebih dari 100 mode olahraga. Berkat desain yang kokoh dan kedap air, T-Rex Pro juga tahan untum dibawa berenang (di air tawar).

Sensor optik BioTracker 2 PPG baru juga tersemat di jam tangan pintar ini, yang dimana nantinya akan memberikan pengukuran detak jantung yang lebih akurat. Bagian software diadopsi sistem operasi RTOS Zepp. Terdapat manajemen notifikasi standar, kontrol musik, alarm, dan pengingat. Jam tangan dapat terhubung dengan perangkat apa pun yang menjalankan setidaknya Android 5.0 atau iOS 10 dan lebih tinggi.

Resmi di Indonesia dengan harga Rp3.499.000, smartwatch ini punya sejumlah fitur unggulan seperti pelacakan langkah, pemantauan detak jantung terus menerus, pembacaan oksigen darah, GPS, peringatan pemberitahuan, dan pelacakan tidur. Lebih lanjut, ia juga menawarkan lebih dari 100 mode aktivitas dan olahraga, serta dilengkapi pula dengan sensor percepatan, sensor giroskop, sensor geomagnetik, sensor cahaya sekitar, dan altimeter barometrik.

Huawei Watch GT 3

Nominasi Best Smartwatch selanjutnya ada Huawei Watch GT 3. Jam tangan pintar ciptaan Huawei ini diluncurkan dengan memboyong sistem operasi terbaru milik perusahaan, yakni HarmonyOS. Huawei Watch GT 3 punya dua ukuran, yaitu 46 dan 42 mm.

Desain dari jam tangan pintar ini bisa dibilang unik. Pasalnya, ia mengadopsi desain premium klasik bernuansa alam namun tetap terlihat mewah dan fashionable. Wearable Devices ini juga dibekali dengan lug minimalis, lensa besar, dan desain ringan pada visual Huawei Watch GT 3 46mm.

Untuk varian 46mm, Huawei Watch GT 3 memiliki bobot sebesar 42,6 fram apabila tanpa strap serta ketebalannya sebesar 11mm. Sedangkan untuk varian 42mm, dibuat lebih minimalis yaitu beratnya sebesar 35gram dengan ketebalan keseluruhan sebesar 10,2mm.

Dijual mulai Rp3 jutaan, smartwatch ini menyajikan beberapa fitur unggulan seperti fitur pemantauan Sp02, kualitas tidur, tingkat stres, hingga siklus menstruasi berkelanjutan dan dapat berjalan secara akurat. Serta ketahanan daya baterai hingga 14 hari untuk varian 46mm dan 7 hari untuk 42mm.

Smartwatch ini juga dilengkapi dengan 100 fitur pemantauan latihan, termasuk 18 mode latihan profesional, 12 latihan outdoor seperti berlari, berjalan, mendaki gunung, bersepeda, berenang, golf, dan masih banyak lagi. Tersedia pula 6 latihan indoor yang meliputi bersepeda, berenang di kolam, freelethics, hingga dayung.

Tak hanya desain visual, antarmuka dan pengoperasiannya pun mudah, pengguna bisa menikmati rotating crown yang menghadirkan pengalaman interaktif cerdas serta tingkat presisi tinggi saat disentuh jari.

Kecanggihan GT Watch 3 sebagai perangkat jam tangan pintar semakin dibuktikan dari tingginya penjualan perdananya yang berhasil menjual lebih dari 2.000 unit.

Samsung Galaxy Watch 4

Nominasi Best Smartwatch selanjutnya yaitu Samsung Galaxy Watch 4. Berdasarkan Wear OS, jam tangan cerdas yang satu ini merupakan perangkat pertama Samsung yang menjalankan One UI Watch. Soal performa, Galaxy Watch 4 ditenagai oleh chipset Exynos W920 dengan fabrikasi 5nm, yang disandingkan bersama RAM 1,5GB dan penyimpanan internal 16GB.

Samsung Galaxy Watch4 hadir dalam dua versi ukuran layar, yakni 44mm (1,36 inch) dan 40mm (1,19 inch). Tersemat pula sensor bioaktif Samsung di bagian belakang perangkat Galaxy Watch 4 guna mengukur PPG (teknik mendeteksi volume dan aliran darah), EKG (irama jantung), dan BIA (metode menilai komposisi tubuh). Selain itu, tersedia juga fitur deteksi mendengkur, pelacakan darah dan oksigen terus menerus saat tidur.

Berkat One UI Watch yang berbasis Wear OS, jam tangan pintar ini bisa melacak lebih dari 100 aktivitas jasmani yang berbeda, dan beberapa di antaranya dapat dihubungkan ke Samsung TV, seperti yoga atau aerobik.

One UI Watch sekarang juga bisa menyinkronkan mode DND, memblokir penelepon, dan alarm penting dari ponsel pengguna. Lalu, jika sebuah aplikasi diinstal pada handset dan kompatibel dengan jam tangan, Samsung juga akan secara otomatis menginstalnya pada jam tangan.

Mi Watch Revolve Active

Nominasi Best Smartwatch yang terakhir ada Mi Watch Revolve Active. Arloji pintar ini dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 1,39 inci yang resolusinya 454 × 454 piksel. Layarnya bisa dibilang aman lantaran dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Cara agar terkoneksi dengan ponsel, pengguna tinggal menghubungkan dengan koneksi Bluetooth 5.0.

Xiaomi membenamkan serangkaian sensor. Mulai dari sensor detak jantung, akselerometer, gyroscope, kompas, barometer, dan sensor cahaya. Selain itu, terdapat penerima sistem navigasi satelit GPS/GLONASS.

Mi Watch Revolve Active  juga mampu mendeteksi tingkat oksigen dalam darah, serta melacak durasi dan kualitas tidur. Ada 117 mode olahraga yang tersedia, termasuk 17 mode olahraga profesional dan 100 mode olahraga tambahan.

Mikrofon juga tersedia di smartwatch ini, yang nantinya berfungsi sebagai sarana berinteraksi dengan asisten digital Alexa. Soal daya, smartwatch ini mengemas baterai berkapasitas 420mAh, dengan waktu pengoperasiannya mencapai 14 hari dalam mode normal dan 50 jam dengan penggunaan GPS / GLONASS secara terus menerus.

Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartwatch

Meski mengadopsi desain premium klasik yang nampak mewah dan fashionable, namun arloji pintar Huawei yang satu ini cocok digunakan oleh semua kalangan di segala kondisi, baik formal ataupun non-formal.

The post Selular Editor’s Choice 2021: Best Smartwatch appeared first on Wartamataram.com.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS