page hit counter
Sedikit yang tau, Inilah Titik Nol Kilometer Kota Mataram yang Baru Diresmikan

Sedikit yang tau, Inilah Titik Nol Kilometer Kota Mataram yang Baru Diresmikan

Warta Mataram – Setelah sekian lama menjadi misteri, akhirnya masyarakat Kota Mataram memiliki tugu titik nol kilometer. Titik ini telah diresmikan pada Selasa, 31 Agustus 2021 dan keberadaannya diharapkan dapat dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Kota Mataram. Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi menjelaskan bahwa peresmian tersebut dilakukan tepat pada Hari Ulang Tahun Kota Mataram yang ke 28.

Lokasi Titik Nol Kilometer Kota Mataram sendiri berada di Jalan Pejanggik, Kelurahan Mataram Barat, Kecamatan Mataram. Tepat di depan bekas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB sehingga sangat mudah ditemui baik oleh warga lokal maupun pendatang.

Bangunan penanda Titik Nol Kilometer ini berbentuk bulat seperti jam dinding dan memiliki ornamen dengan hiasan replika cukli yang menjadi ikon kerajinan Kota Mataram. Dalam ornamen tersebut terdapat garis berwarna keemasan melingkar yang melambangkan kejayaan masyarakat Suku Sasak.

Denny, sapaan akrab Kadispar Kota Mataram ini menerangkan bahwa selama ini titik nol kilometer Kota Mataram belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal lokasi nol kilometer sangat penting keberadaannya baik bagi warga lokal maupun wisatawan sebagai penanda dan tempat berkumpul. “Ini bisa jadi tempat swafoto dan anak-anak motor dari luar daerah pasti mencari tugu nol kilometer,” ujar Denny kepada wartawan.

Dalam kesempatan tersebut, Denny juga menjelaskan tentang replika cukli yang menjadi hiasan dalam ornamen tugu Titik Nol Kilometer tersebut. Ia mengatakan bahwa cukli adalah kerajinan khas Kota Mataram yang sangat terkenal. Awalnya ia menginginkan menggunakan cukli asli, namun dikhawatirkan akan rusak karena terkena panas dan hujan.

Pembangunan tugu Titik Nol Kilometer Kota Mataram itu sendiri menghabiskan anggaran Rp150 Juta dan membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk pengerjaannya. Dengan adanya tugu tersebut, Denny berharap dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Mataram.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS