page hit counter
Salah kaprah! Ternyata wortel tak bisa sembuhkan mata minus, ini kata dokter

Salah kaprah! Ternyata wortel tak bisa sembuhkan mata minus, ini kata dokter

Wortel foto: Pixabay

Bukan rahasia umum kalau manfaat wortel disebut baik untuk kesehatan mata. Tapi lantas jangan salah kaprah menilai bahwa konsumsi wortel bisa memperbaiki kerusakan mata.

Di era yang serba gadget, masalah kerusakan mata menjadi hal yang dialami banyak orang. Umumnya kerusakan mata bisa terjadi lantaran bergesernya fungsi retina sehingga menyebabkan mata minus atau silinder.

baru-baru ini ungkapan bahwa konsumsi wortel beredar di media sosial. Dalam narasi yang beredar tersebut dikatakan bahwa rutin konsumsi wortel bisa mengurangi mata minus.

“Wortel diyakini sebagai obat alami serta sederhana untuk menyembuhkan penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat dan juga mata minus yakni dengan cara memakan wortel ataupun meminum jus wortel tiap hari,” tulis narasi tersebut.

Ternyata hal itu tidak dibenarkan. Dilansir dari CNNIndonesia.com Tjahjono Gondhowiardjo dokter ahli ophtalmologi dari RS JEC membantah berita tersebut.

Menurutnya, khasiat wortel hanya berguna untuk membantu kerja retina.

Wortel. Foto: PIxabay
Wortel. Foto: PIxabay

“Jadi wortel tidak bisa menyembuhkan mata minus karena khasiat wortel tidak bisa digunakan untuk mengubah bola mata,” katanya.

Tjahjono pun melanjutkan, bahwa hanya ada 4 cara untuk mengoptimalisasikan penglihatan akibat minus.

“Mata minus hanya bisa berkurang dengan penanaman lensa dengan jalur operasi dan juga dengan lasik,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa cara yang paling umum untuk membantu pengelihatan akibat rabun dan minus bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata sebagai alat bantu. Namun dengan catatan tidak bisa mengurangi minus di mata.

Manfaat wortel tetap baik untuk mata

Wortel adalah salah satu sayuran yang digemari oleh banyak orang. Pasalnya, di balik kerenyahan dan kelezatannya, ada banyak manfaat wortel bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, mulai dari menjaga kesehatan mata hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Manfaat wortel bisa Anda dapatkan dari kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin hingga kalsium. Tak cuma itu wortel juga punya senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh, seperti beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen, dan zeaxanthin.

Berkat kandungan gizinya yang sangat banyak wortel bisa jadi membantu menjaga kesehatan mata. Wortel baik menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin.

Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan, seperti wortel, kamu akan berisiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS