page hit counter
Saat lakukan perjalanan spiritual, Lukman Sardi heran: Kenapa orang di luar agama ini akan masuk neraka

Saat lakukan perjalanan spiritual, Lukman Sardi heran: Kenapa orang di luar agama ini akan masuk neraka

Aktor Lukman Sardi

Lukman Sardi menceritakan awal perjalanan spiritualnya hingga akhirnya ia memutuskan untuk pindah agama. Bersama sang istri, Pricillia Pullunggono, Lukman Sardi mengaku bahwa awalnya ia memutuskan untuk melakukan perjalanan spiritual karena mendapat tulisan dari opanya tentang kasih.

Saat sedang melakukan perjalanan spiritual itu, Lukman timbul satu pertanyaan tentang satu agama yang meyakini bahwa orang-orang di luar agama yang mereka anut akan masuk neraka. Seperti apa penjelasannya? Simak ulasan berikut.

Lukman Sardi agama

Lukman Sardi terlahir dari orang tua yang memeluk agama Islam. Ia diajarkan untuk menjadi seorang Muslim yang baik yang benar. Namun menurut aktor 50 tahun itu, orang tuanya tidak fanatik dalam sisi agama.

“Gue Muslim, gue diajarin bagaimana menjadi Muslim yang baik dan benar sama bokap nyokap gue. Jadi keluarga gue tuh bukan keluarga yang fanatik tapi mereka berupaya untuk mendidik anaknya dari sisi agama itu dengan baik dan benar. Basic lah kayak gimana lu harus jalani salat lima waktu, lu baca Quran dan segala macam, gue juga les Quran,” kata Lukman Sardi melansir YouTube Daniel Mananta.

Lukman Sardi
Lukman Sardi. Sumber: YouTube

Lukman Sardi menceritakan bahwa guru agamanya selalu menyebut kalau orang lain di luar agamanya akan masuk neraka. Pernyataan itu didengar Lukman saat ia sedang melakukan perjalanan spiritual.

“Tapi selama perjalanan itu timbul banyak sekali pertanyaan, pada saat itu yang membuat gue bertanya adalah ada waktu itu guru agama gue yang selalu menyebutkan bahwa orang yang di luar agama ini akan masuk neraka,” ujarnya.

Lukman Sardi pun heran dengan pernyataan guru agamanya. “Sedangkan pada saat itu gue lagi proses pencarian, pengin tahu. Terus gue berpikir ‘kan katanya Tuhan itu masa besar’ kalau begitu kan Tuhan kecil banget ya, gue bertanya kenapa, gue enggak dapat jawaban yang jelas.”

Lukman pindah agama

Aktor pemeran Preman Pensiun itu kemudian mengibaratkan sosok A dan B yang menganut agama berbeda.

“Kasarnya gini, ini dari agama A dan B, yang A meyakini bahwa yang enggak di A lo masuk neraka, yang A jalani dengan keyakinan bahwa dia masuk surga tapi kehidupan dia kacau balau. Yang ini (B) walaupun dia sudah dapat stigma bahwa dia tidak akan masuk surga tapi dia menjalani kehidupan dengan baik dan benar, masa Tuhan ‘enggak lu masuk neraka tetap’,” ungkap Lukman.

Lukman Sardi dan istri
Lukman Sardi dan istri. Sumber: Instagram

Pertanyaan itu lah yang membuat Lukman Sardi terus melakukan perjalanan spiritual. Namun kata dia, pertanyaan itu tak membuat Lukman langsung memutuskan. Ia mengaku menjalani proses yang cukup panjang hingga akhirnya mantap pindah agama.

“Buat gue itu suatu pertanyaan yang bikin gue terus berjalan, tapi bukan berarti gue langsung memutuskan, jadi perjalanan itu panjang dan proses. Ada skenario Tuhan kenapa itu kalimat kasih datangnya ke gue, kenapa gue dipertemukan sama dia (istri) di momen yang gue sudah tidak meyakini tentang menikah,” pungkas Lukman Sardi.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS