page hit counter
RR heran anak Jokowi bisa investasi ratusan miliar: Duit dari mana, jualan pisang dan martabak?

RR heran anak Jokowi bisa investasi ratusan miliar: Duit dari mana, jualan pisang dan martabak?

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep

Aktivis sekaligus pakar ekonomi senior, Rizal Ramli mengungkapkan keheranannya dengan anak-anak dari Presiden Jokowi yang mampu investasi hingga ratusan miliar.

Awalnya mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia ini membahas soal standar etika politik yang seharusnya dimiliki oleh para pemangku kekuasaan alias pejabat saat ini.

Presiden Jokowi. Foto: setkab.go.id
Presiden Jokowi. Foto: setkab.go.id

Sebagaimana prinsip hidup standar etika politikus Eropa dan tokoh kemerdekaan Indonesia, mereka tidak ingin menyalahgunakan kekuasaan untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Sebut saja Mohammad Hatta dan Agus Salim yang memilih untuk hidup sederhana meskipun memiliki jabatan tinggi di pemerintahan,

“Tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, rata-rata standar etikanya seperti di Eropa, orang-orang seperti Mohammad Hatta, Agus Salim, dan sebagainya. Mereka tidak mau menyalahgunakan kekuasaannya untuk memperkaya atau mencari keuntungan diri sendiri,” kata Rizal Ramli dalam acara bedah buku bertajuk ‘Keserakahan di Tengah Pandemi‘, dikutip Hops.id pada Selasa, 14 Desember 2021.

Sebenarnya, kata Rizal Ramli, standar etika politik di Indonesia mulai rusak di era Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto. Namun yang terjadi sekarang ini justru malah makin kacau.

“Di orde baru makin kacau, tapi hari ini bukan lagi lebih kacau, tapi super kacau. Yang bikin malu itu ada istilah pengpeng, pengpeng itu dua profesi, pengusaha dan pejabat,” ujarnya.

Keserakahan merajalela

Ekonom Rizal Ramli
Ekonom Rizal Ramli. Foto Instagram @rizalramli.official

Padahal jabatan di pemerintahan merupakan amanah yang seharusnya bisa dijaga oleh para pejabat.

Rizal Ramli lantas membahas soal korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di era Soeharto. Sekarang ini praktik KKN justru kembali dipertontonkan oleh pejabat pemerintah.

“Dulu kita kritik KKN, Tommy Soeharto terutama, anak-anak yang lain juga,” tuturnya.

Lebih lanjut Rizal Ramli juga mengungkapkan soal investasi anak-anak Presiden Jokowi yang berani menggelontorkan dana hingga ratusan miliar. Dia pun mempertanyakan sumber dana tersebut.

“Hari ini ada anak kecil, anak bawang beli investasi ratusan miliar, itu duit dari mana, itu kan duit dari bisnis jualan pisang doang, jualan martabak. Jadi balik lagi ke dulu apa yang tidak kita suka, karena keserakahan tanpa batas. Justru rakyat lagi sulit, pada mengambil kesempatan dalam kesempitan,” imbuhnya.

Yuk, ajak keluarga ke MuslimaFest 2021 by Amitra pada 17-19 Desember 2021 di Smesco Exhibition Hall, Jakarta. Akan ada talkshow bareng artis, kajian bersama Ustaz Syam dan Ustazah Syifa, bazar dan entertainment.

Ikuti lomba masak, fashion anak, dan mewarnai. Berhadiah total puluhan juta. Segera daftar di s.id/muslimafest/

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS