page hit counter

Rem Tangan Mobil: Jenis, Cara Menggunakan dan Kapan Harus Menggantinya?

Rem tangan mobil adalah komponen yang sudah pasti penting fungsinya dan wajib Anda kendalikan dengan sadar. Ada beberapa hal yang dapat merusak rem dan kabel yang disebabkan karena kelalaian pengemudi. Namun, sebaliknya ada konsekuensi yang dapat terjadi jika pengemudi lupa menarik rem tangan ini. Untuk itu, yuk simak lebih lanjut detail penjelasannya di bawah ini! 

Kapan Rem Tangan Mobil Digunakan? 

Rem tangan mobil adalah sebuah sistem pengereman yang tertanam di seluruh jenis dan tipe mobil. Sistem pengereman tersebut berguna untuk dapat menahan atau bahkan menghentikan laju dari sebuah mobil. Dengan adanya rem tangan, laju mobil tentu saja akan lebih mudah untuk dikendalikan.

Rem tangan ini selalu digunakan saat melintasi penurunan atau melewati tanjakan dan saat parkir. Tanpa rem tangan atau rem parkir ini, saat melakukan pengereman Anda tidak dapat menghubungkan dengan roda belakang. Sehingga, mobil bisa saja dapat bergerak bebas jika diparkir di daerah yang tinggi. Keselamatan dan keamanan mengemudi sangat bergantung pada rem tangan mobil.  Salah satu contoh kejadiannya adalah Anda disarankan untuk tidak menginjak rem pedal kaki, namun harus siaga menarik rem tangan saat ban mobil pecah

rem-tangan-mobil-listriksumber: daihatsu.co.id

Kapan Rem Tangan Harus Diganti?

Bagiamana jika rem tangan kurang pakem? Biasanya ini disebabkan karena komponen mesin kotor dan kampas rem yang mulai menipis. Nah,ini saatnya unutk Anda mengganti rem tangan Anda. Untuk lebih jelas, simak lebih lanjut pembahasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti rem tangan mobil Anda!

Setelan Brake Shoe Terlalu Naik

Saat brake shoe-nya menurun, ini membuat tuas rem menjadi lebih tinggi. Untuk memperbaikinya Anda wajib mengatur ulang pada tromol atau tuas rem tangan. Ada baiknya untuk memperbaikinya dengan bantuan mekanik yang mengerti pengereman mobil.  

Kampas Rem Sudah Menipis 

Perawatan mobil menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk mobil yang kilometernya sudah melebihi 10.000 km. Untuk itu rutin lakukan servis berkala sehingga kerusakan mobil tidak tertumpuk. Tanda kampas rem wajib diganti adalah saat bunyi berdecit di bagian rem. Anda juga harus memperhatikan roda, biasanya jika bagian roda mulai terbuka, maka kampas rem wajib diganti.

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Sesuai Jenisnya

Rem tangan mobil terdiri dari beragam jenisnya. Saat ini dalam industri otomotif rem tangan mulai dikembangkan ke arah elektronik dengan menggunakan tombol saja. Selain praktis, rem tangan ini membuat Anda menjadi lebih tenang dan mudah untuk mengontrol keamanan. Simak ini jenis-jenisnya dan tips menggunakannya:

jenis-rem-tangan-mobil-listrik

1. Rem Tangan Tuas (Stik)

Jenis rem tangan yang pertama berbentuk seperti tuas ataupun stik. Biasanya terdapat tombol pada bagian atasnya dan terletak di antara kursi pengemudi dan kursi navigator. Jenis rem tangan tuas kebanyakan terdapat pada beberapa tipe mobil lama seperti Isuzu Panther dan Toyota Kijang.

Rem tangan tuas menggunakan sistem rem tromol atau drum brake yang membuat Anda harus lebih memperhatikan kebersihan dari kampas rem. Untuk cara mengoperasikannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menarik ataupun menurunkan tuas sambil menekan tombol yang ada di atasnya.

2. Rem Tangan Pedal

Jenis rem tangan pedal sebenarnya memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan rem tangan tuas. Perbedaannya dapat terlihat dari letaknya, rem tangan pedal berada sejajar dengan pedal gas.

Rem tangan pedal berfungsi dengan cara diinjak hingga dalam, lalu jika ingin berpindah ke posisi melaju Anda cukup menginjak pedal sekali lagi. Jenis rem tangan yang satu ini dapat Anda temukan di beberapa jenis mobil premium seperti Lexus, Mercedes Benz, beserta Toyota Camry.

3. Rem Tangan Tombol (Elektrik)

Jenis rem tangan yang ketiga adalah jenis yang cukup canggih karena dianggap sangat memudahkan pengendara. Anda cukup menarik tuas yang berada di tombol ke atas untuk melakukan pengereman. Bentuknya pun relatif kecil dan biasanya terdapat pada mobil premium seperti BMW seri 7 E65.

Gunakan Rem Tangan di Waktu yang Tepat

Nyatanya menggunakan rem tangan mobil tidak bisa sembarangan. Meskipun fungsinya untuk melakukan pengereman, Anda harus memastikan menggunakannya di waktu-waktu yang tepat. Penggunaan yang salah biasanya membuat rem mobil menjadi rusak.

rem-tangan-mobil


Hindari Penggunaan Rem Tangan Mobil saat Berhenti

Untuk semua jenis rem tangan mobil, Anda harus menghindari penggunaannya saat mobil dalam keadaan berhenti. Hal tersebut bertujuan agar kampas rem tangan Anda bisa lebih awet dan tahan lama.

Lampu Merah Tetap Injak Pedal Rem 

Hindari menggunakan rem tangan saat lampu merah menyala, meskipun kelihatannya membuat Anda aman dan nyaman. Namun, hal ini bisa membuat Anda menjadi tidak waspada dan Anda akan menjadi terburu-buru saat lampu hijau menyala. Kemungkinan Anda dapat kaget saat ada mobil yang datang menyalip. Jadi, hindari hal-hal yang tidak membuat Anda fokus. 

Hindari Penggunaan Rem Tangan Mobil saat Parkir Terlalu Lama

Jika Anda memutuskan untuk memarkir mobil dalam jangka waktu yang cukup lama, sebisa mungkin hindari menggunakan rem tangan. Jika Anda menggunakan mobil otomatis, direkomendasikan agar memasukkan transmisi untuk parkir. Lalu jika Anda menggunakan mobil transmisi manual, sebaiknya gunakan pengganjal pada bagian ban mobil untuk menghambat laju mobil Anda.  

Saat menarik rem tangan aktif, kampas rem menempel dengan tromol. Jika terlalu lama menempel, lalu dipakai kemudian untuk melaju dengan hentakan rem yang Anda harapkan pakem. Kampas rem bisa berisiko lepas. 

Perhatikan Bunyi untuk Rem Tangan Tuas (Stik)

Saat Anda menggunakan rem tangan tuas, biasanya akan keluar bunyi klik 4 hingga 7 kali saat ditarik. Jika bunyi terdengar lebih dari itu, direkomendasikan untuk membawa mobil Anda ke bengkel karena terdapat kemungkinan adanya setelan yang kurang cocok pada rem tangan Anda. 

Hindari Menginjak atau Menarik Rem Tangan Berlebihan

Saat menggunakan rem tangan pada mobil, sebaiknya tarik atau gerakkan rem tangan seperlunya dan jangan terlalu berlebihan. Misalnya, untuk rem tangan tuas atau stik Anda cukup menariknya sejauh 45 derajat saja. Dengan kondisi tersebut sebenarnya sudah cukup untuk mengunci ban mobil Anda agar tidak bergerak.

Hindari Penggunaan Gas dan Rem secara Bersamaan

Jika Anda mengemudi di jalanan yang menanjak, pastikan Anda sudah melepas rem tangan sebelum menginjak pedal gas. Konfigurasi keduanya harus selalu seimbang dan stabil sepanjang waktu. Jika keduanya dilakukan secara bersamaan akan sangat berisiko membuat kabel rem Anda putus.

Komponen Rem Tangan Mobil

 

komponen-rem-tangan-mobilsumber: kemendikbud.go.id

Tidak hanya memahami cara menggunakannya saja, ya Sobat Carsome. Anda juga harus memahami cara merawat komponen rem tangan mobil dengan baik. Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah memerikasa secara berkala minyak rem apabila lampu rem menyala. Jika rem pada minyak mobil berkurang maka tentunya akan merusak komponen rem tangan mobil lainnya. Juga jangan lupa setiap 1000-2000 km pertama, Ada baiknya jika Anda membersihkan kotoran debu atau kerak pada bagian cakram. Ini dia komponen-komponen yang perlu Anda tahu dalam rem tangan mobil:

    • Tuas rem
    • Kawat kabel
    • Park brake strut and spring
    • Park brake lever
    • Locknut
    • Locking point
    • Brake shoe
    • Adjuster screw

Rawat Mobil Anda Secara Berkala! 

Carsome menyarankan Anda untuk tetap memperhatikan dan merawat mobil Anda dengan baik, mengapa demikian? Hal ini dapat membantu Anda saat ingin menjual mobil bekas Anda, sehingga mobil Anda dapat tampil maksimal dan laku dengan cepat

Menjual mobil bekas dengan cepat terkadang tidak mudah, untuk itu Carsome hadir membantu Anda menjual mobil bekas Anda dengan nyaman, aman dan terpercaya. Harga yang diberikan pada Anda tentu sesuai dengan harga pasar. Seluruh proses transaksi di Carsome dipastikan berjalan transparan dan tidak mengecewakan. Kunjungi dan daftarkan mobil bekas Anda sekarang di website Carsome dengan masuk sebagai penjual!

Baca juga: 5 Cara Merawat Mobil Saat Pandemi COVID-19 Tanpa Ribet Ala Carsome!

The post Rem Tangan Mobil: Jenis, Cara Menggunakan dan Kapan Harus Menggantinya? appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS