page hit counter

Refinancing Mobil Kredit: Cara, Kelebihan, Kekurangan & Manfaat

Refinancing mobil adalah pembaharuan kredit mobil lama untuk mendapatkan modal besar secara tunai. Dengan menyetujui refinancing maka Anda mendapat pinjaman baru dengan suku bunga dan tenor baru yang ditentukan. Pada umumnya bunga dapat lebih tinggi maupun rendah. 

Kredit mobil yang hampir selesai bisa dijadikan sebagai metode untuk melakukan refinancing. Dengan catatan, Anda tidak melunasi sisa tagihan. Namun, pihak lembaga keuangan yang kemudian akan melunasi tagihan Anda. Dengan demikian Anda mendapatkan uang tunai dalam jumlah yang banyak. Penasaran bagaimana melakukannya dan apa kelebihan hingga kekurangannya? Simak selengkapnya disini! 

refinancing-kredit-mobil

Refinancing Mobil Kredit

Refinancing mobil kredit memang bisa dijadikan solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan modal uang yang besar untuk berbagai keperluan. Biasanya refinancing bisa dilakukan ketika Anda mendapatkan tawaran dari lembaga keuangan tempat Anda melakukan kredit.  Namun, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum melakukan refinancing. Hal yang patut Anda perhatikan tentunya dari segi keperluan yang mendesak dan waktu pencicilan. 

Kapan Harus Melakukan Refinancing Mobil Kredit? 

Melakukan refinancing bisa menjadi solusi yang tepat dan cepat untuk pencairan dana Anda, jika Anda menemukan berbagai kondisi seperti ini: 

  • Bunga Pencicilan yang Tinggi

Metode refinancing ini bisa Anda lakukan untuk menghindari pembayaran cicilan yang sedang berjalan dengan bunga yang tinggi. Dengan keadaan saat ini dimana adanya penurunan bunga cicilan menjadikan refinancing mobil kredit Anda bisa dilakukan. Tentu fungsinya untuk melunasi utang saat ini demi mencicil dengan bunga yang lebih rendah. Pastikan melakukan ini ketika jumlah tenor pencicilan masih panjang. Jika tidak, maka melunasi pencicilan awal adalah jalan yang lebih baik dibanding memupuk kembali utang. 

  • Membutuhkan Dana Tunai

Pengusaha biasanya membutuhkan dana segar untuk melakukan investasi dalam membangun tempat usahanya. Untuk itu dengan melakukan refinancing mobil bekas, dana yang diterima tidak terlalu besar bergantung pada nilai appraisal mobil Anda. Sehingga, Anda tidak terlalu berat untuk melakukan pencicilan kembali seperti semula. Dikarenakan usaha yang Anda jalani kemungkinan besar lebih mudah mendapatkan modal kembali. 

  • Mobil Masih Baru

Jika mobil Anda termasuk mobil yang masih baru dan jangkauannya belum lebih dari 5 tahun pemakaian, kemudian dan cicilannya hampir selesai. Maka, ini waktu yang tepat untuk melakukan pengajuan refinancing. Mengapa demikian? Asumsi uang tunai yang diterima saat Anda melakukan pengajuan refinancing berkisar 30%. Jadi, jika mobil masih baru dana tunai yang Anda terima masih lebih bernilai. 

  • Pelunasan Utang Rangkap

Semisal Anda memiliki utang dibeberapa tempat yang berbeda, refinancing mobil bekas Anda kemungkinan dapat membantu Anda untuk melunasi total jumlah utang Anda. Sehingga, kedepannya total utang dapat disatukan pada mobil yang dijaminkan. 

Anda dapat menyesuaikan tenor dan bunga pencicilan sesuai dengan kesanggupan finansial Anda dibanding repot mengurusi pelunasan utang setiap bulannya. Jika bunga pencicilan rendah, Andapun bisa menjadi lebih untung karena pencicilan menjadi lebih ringan. 

Bagaimana Cara Melakukan Refinancing Mobil Bekas?

Melakukan refinancing mobil bekas menjadi hal yang mudah jika Anda dikategorikan menjadi nasabah lama dari suatu Bank. Sehingga, pendataan dan proses verifikasi akun hingga riwayat keuangan Anda tidak perlu dilakukan dari awal lagi. Beda halnya jika melakukan pengajuan kepada lembaga peminjaman keuangan lainnya. Berikut adalah hal yang perlu Anda siapkan sejak awal.

Bila anda mengajukan refinancing masih di bank atau leasing yang sama tentunya persyaratannya akan lebih mudah karena anda merupakan nasabah lama. Dan kemungkinan agar permohonan refinancing untuk disetujui menjadi lebih besar, tetapi dengan catatan tentunya bahwa riwayat kredit anda bagus dan tanpa ada resiko telat.

Berbeda jika refinancing kredit mobil dilakukan pada bank atau leasing yang berbeda, tentunya ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Lantas bagaimanakah caranya, berikut gambaran mengajukan refinancing secara umum.

1. Total Pinjaman dan Bunga

Pelajari dengan baik beberapa total pinjaman yang Anda butuhkan, berapa besaran uang yang dapat diberikan jika menjaminkan mobil Anda. Pastikan untuk mengurangi jumlahnya dengan uang cicilan mobil yang masih tersisa. Setelah itu simak berapa bunga yang dibebankan kepada Anda dan jenis bunga yang Anda akan pilih (Fixed rate atau Floating rate). Lakukan hal yang sama kepada beberapa lembaga keuangan lainnya untuk mendapatkan total pinjaman yang sama dengan bunga yang rendah. Namun, pastikan lembaga keuangan tersebut sudah disetujui oleh OJK. 

2. Lengkapi Dokumen 

Biasanya dokumen yang wajib Anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP Pemohon 
  • Fotokopi KTP Suami/Istri 
  • Fotokopi Kartu Keluarga 
  • Fotokopi Akte Nikah/ Cerai/ Akta Kematian Pasangan
  • Fotokopi NPWP Pemohon
  • Slip gaji Penghasilan 1-3 bulan terakhir 
  • Fotokopi Rekening atau Tabingan 3 bulan terakhir

3. Simulasi Kredit

Jika sudah menentukan lembaga pembaiayan yang akan Anda tuju dan sudah menyerahkan berkas-berkas diatas. Jangan lupa untuk mengajukan simulasi kredit, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran lebih jelas dan mengatur skema pembayaran dari segi tenor waktu hingga jenis bunga. 

4. Survey 

Biasanya tim lembaga pembiayaan keuangan atau Bank akan melakukan survey terhadap mobil yang akan dijaminkan. Untuk itu pastikan mobil dalam keadaan aman dan tetap berfungsi dengan baik secara mesin baik secara tampilan. 

5. Refinancing Disetujui 

Biasanya jika proses refinancing mobil Anda disetujui oleh pihak lembaga keuangan ataupun bank, mereka akan melunasi pendanaan yang masih tersisa. Sehingga uang sisanya akan diberikan kepada Anda. Biasanya proses persetujuan refinancing berlangsung selama 3 hingga 7 hari kerja. Namun, ini biasanya bergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pihak bank. 

Dan untuk nilai pencarian dana pinjaman biasanya dipengaruhi beberap faktor, terutama dilihat dari kondisi dan juga tahun pembuatan mobil yang digunakan sebagai agunan. Biasanya nilai pinjaman yang diberikan oleh bank berbeda, namun rata-rata akan memberikan batas maksimal pencairan sebesar 70% dari nilai taksiran mobil yang dijaminkan.

Keuntungan Melakukan Refinancing Mobil Bekas

Melakukan refinancing memang memberi berbagai manfaat terutama jika Anda bisa melunasinya dengan waktu yang tepat tanpa ada kesulitan dan hambatan yang mengharuskan debt collector meminta paksa atau bahkan menyita aset yang Anda miliki. Nah, ini dia keuntungannya yang bisa Anda lihat! 

  • Mendapat Dana Tambahan

Menerima pendanaan dengan syarat pencicilan dimulai dari awal menyesuaikan dengan bunga dan tenor yang tetap atau rendah. Ini salah satu cara mendapatkan pendanaan yang tergolong mudah. Sehingga, Anda bisa melakukannya sepanjang memiliki riwayat keuangan yang baik-baik saja. 

  • Pembayaran Utang Lebih Efektif

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pembayaran utang secara rangkap bisa dilakukan, sehingga pengeluaran untuk membayar utang ke depannya lebih mudah diatur. Anda dapat melunasi utang lebih cepat di berbagai tempat dengan dana yang didapatkan. 

  • Dana Investasi

Refinancing mobil kredit yang disetujui, Anda dapat menggunakan uangnya untuk diinvestasikan pada pembangunan bisnis Anda ataupun berinvestasi pada lini bisnis Anda yang lainnya. Hanya saja yang perlu diperhatikan bisnis tersebut wajib memiliki perputaran modal dan keuntungan yang cepat. Sehingga, Anda tidak memiliki utang yang menumpuk.

Kerugian Melakukan Refinancing Mobil Bekas

Disamping melakukan refinancing mobil bekas yang selama ini dinilai menguntungkan, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor kerugian yang kemungkinan akan dihadapi. Meskipun mendapatkan dana segar, namun ini dia kemungkinan kerugian yang tidak bisa dihindari: 

  • Biaya yang Lebih Banyak

Perhatikan kontrak kerjasama yang ditawarkan kepada Anda, meskipun tercatat bunga ringan pada saat mempromosikannya. Anda tetap harus memahami konteks floating rate dan fixed rate. Floating rate adalah kondisi dimana Anda memilih bunga yang tidak menetap sehingga angsuran Anda dipengaruhi oleh kebijakan bunga yang fluktuatif. 

Sedangkan fixed rate, angsuran yang dikenakan kepada Anda tetap berada pada kadar bunga yang tetap dari waktu ke waktu. Namun, sejatinya fixed rate itu tidak mungkin sama dari waktu ke waktu, ada pilihan dalam tenor waktu yang ditetapkan. Misalnya, pembagian 3 tahun pertama fixed rate 5%, tahun berikutnya 7%. Ingat menurut Kompas.com yang mengutip pada BI bahwa suku bunga dipengaruhi oleh bunga acuan BI, inflasi dan tingkat supply-demand KPR dalam pasar. 

Jadi, jika tren suku bunga yang melandai dalam pasar, maka ini baik untuk mengambil kebijakan pencicilan dengan floating rate case dikarenakan ada kemungkinan pencicilan yang Anda lakukan dapat rendah dalam satu waktu. Sebaliknya jika tinggi, maka Anda akan membayarnya dengan harga tinggi. Pikirkan dengan matang-matang, jika salah memproyeksi penentuan suku bunga, maka biaya yang akan Anda bayarkan tentunya akan semakin banyak. 

  • Liabilitas yang Tinggi

Refinancing mobil bekas disamping memiliki keuntungan karena Anda bisa mendapatkan uang tunai. Namun, pertimbangan yang patut Anda pikirkan adalah pengeluaran dan biaya servis mobil yang semakin lama tentunya semakin tinggi. Inflasi yang terjadi dalam pasar akan membuat nilai uang menjadi tidak terlalu bernilai. 

Apakah Melakukan Refinancing Mobil Bekas Kredit Untung? 

Melakukan refinancing tentunya sangat bergantung pada nilai appraisal yang akan diberikan pada kendaraan yang Anda miliki. Secara umumnya Anda tidak dapat menentukan secara gamblang berapa duit yang akan Anda terima.Jadi, jika mengatakan refinancing mobil bekas untung, jawabannya tidak selamanya karena pada akhirnya Anda tetap memiliki utang yang harus dicicil. 

Dengan pilihan, utang Anda menjadi lebih rendah bunganya atau tetap. Anda juga wajib memperhatikan nilai administrasi tambahan lainnya yang biasa dimuat dalam perjanjian. Jadi, pastinya pencicilan selanjutnya yang harus dibayarkan tentunya memiliki jumlah yang lebih banyak. 

Butuh Uang? Tukar Tambah dengan Mobil Bekas Berkualitas yang Lebih Murah! 


Sobat Carsome yang sedang membutuhkan tambahan uang untuk berbagai keperluan Anda, mengapa tidak menjual mobil bekas Anda? 
Jual mobil bekas terpercaya di harga tinggi dapat Anda lakukan di Carsome. Bagaimana jika akhirnya Anda tetap membutuhkan kendaraan untuk mobilitas sehari-hari? Gampang, lakukan saja tukar tambah dengan mobil bekas berkualitas yang lebih murah! Carsome adalah platform terpercaya untuk menjual dan membeli mobil bekas Anda

Jadi, gimana nih Sobat Carsome masih memikirkan cara mana yang terbaik untuk mendapatkan uang lebih cepat, mudah dan tanpa beban? Langsung saja jual mobil bekas Anda di Carsome dan dapatkan pencairan uang yang tidak lebih dari 1 hari! 

Baca juga: Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku, Ini 15 Tips Jitunya!

The post Refinancing Mobil Kredit: Cara, Kelebihan, Kekurangan & Manfaat appeared first on Carsome Indonesia.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS