page hit counter
Realisasi Anggaran Covid-19 Rendah, Mendagri Tito Tegur Gubernur NTB

Realisasi Anggaran Covid-19 Rendah, Mendagri Tito Tegur Gubernur NTB

Warta Mataram – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengeluarkan teguran keras kepada beberapa provinsi terkait rendahnya realisasi anggaran Covid-19. Dari total 19 provinsi, Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan teguran.

Teguran kepada Pemprov NTB dilayangkan oleh Mendagri melalui surat. Beliau meminta agar kepala daerah segera merealisasikan penggunaan anggaran Covid tersebut. Realisasi anggaran Covid-19 yang dimaksud berupa belanja peralatan penanganan Covid-19 hingga insentif tenaga kesehatan.

Tito meminta agar Pemda tidak ragu dalam menggunakan anggaran yang ada dengan catatan tidak ada mark-up dan tepat sasaran. “Kami akan tanggung jawab sepanjang digunakan untuk masyarakat yang terdampak,” kata Tito melalui Youtube.

Anggaran Covid-19 kali ini selain bersumber dari Kementerian Sosial juga berasal dari alokasi dana bantuan sosial (Bansos). Selain itu ada juga bantuan tunai yang bersumber dari dana desa. Namun demikian, Tito menyesalkan banyak Pemda yang tidak merealisasikan anggaran tersebut.

Sebagai solusi, Tito akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan untuk mengeluarkan dasar hukum guna percepatan realisasi APBD dan akan didampingi oleh BPKP. “Bansos kita harapkan nggak usah nunggu dari pusat. Begitu melihat masyarakat kesulitan, dibantu,” kata Tito. Selain untuk bantuan sosial, Tito juga menjelaskan bahwa realisasi anggaran Covid-19 dapat digunakan untuk insentif tenaga kesehatan (Nakes).

Dalam kesempatan tersebut, Tito yang pernah menjabat sebagai Kapolri sempat mengingatkan beberapa pihak yang terlibat dalam penegakan hukum PPKM. Masih banyak kegiatan pendisiplinan yang terlalu berlebihan hingga terjadi konflik di lapangan. Tito meminta agar aparat melakukan penegakan hukum secara humanis.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS