page hit counter

Rayakan 20 Tahun Spirited Away, Studio Ghibli Rilis Sketsa Yubaba

Siapa sih penggemar anime yang tak tahu Studio Ghibli? Rumah produksi film animasi ini bukan hanya populer di negara asalnya, Jepang, melainkan juga sudah dikenal di banyak negara di dunia. Salah satu karya mereka yang paling fenomenal di abad ke-20 ini berjudul Spirited Away, yang sudah dirilis pada tahun 2001 silam.

20 tahun yang lalu, Spirited Away, film anime klasik karya animator terkenal Hayao Miyazaki, mulai ditayangkan di bioskop-bioskop di seluruh Jepang dan hingga kini menjadi salah satu film anime yang paling dicintai sepanjang masa. Untuk merayakan kesempatan tersebut, melalui akun Twitter resminya, baru-baru ini Studio Ghibli mengunggah gambar ilustrasi yang sangat detail tentang sosok karakter Yubaba dengan wajah menyeringai sambil memegang Boh.

Yubaba Spirited Away
Yubaba (dok. Stduio Ghibli”s Twitter)

Yubaba sendiri merupakan salah satu dari banyak karakter di film animasi Studio Ghibli dengan judul Spirited Away yang ditulis oleh Hayao Miyazaki. Film ini tayang pada tahun 2001 ini ternyata memiliki banyak prestasi selama penayangannya. Saat perilisan di Jepang film Spirited Away telah ditonton oleh sekitar 23 juta orang dan meraup keuntungan hingga 30 milyar yen, rekor ini didapat setelah mengalahkan film Titanic dan menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang.

Selain itu film ini juga mendapatkan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi film anime pertama yang meraih penghargaan tersebut. Selama 19 tahun, film tersebut adalah film Jepang terlaris sepanjang masa sebelum Demon Slayer: Mugen Train dirilis selama setahun terakhir. Spirited Away adalah yang pertama, dan saat ini satu-satunya, film anime yang memenangkan nominasi Animasi Terbaik di Academy Awards.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS