page hit counter
Rapat Evaluasi SAKIP dan Implementasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Mataram

Rapat Evaluasi SAKIP dan Implementasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Mataram

Warta Mataram – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Dr. Ir. H. Effendi Eko Saswito, M. M., memimpin Rapat Evaluasi SAKIP dan Implementasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Mataram, dihadiri secara virtual oleh Bapak Ibu Evaluator SAKIP dan RB Kementerian PAN-RB Republik Indonesia bertempat di Ruang Rapat BAPPEDA Kota Mataram. Hadir pada acara tersebut Para Asisten Pemerintah Kota Mataram dan Pimpinan Perangkat Daerah Terkait Lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Dalam sambutan tersebut Sekretaris Daerah Dr. Ir. H. Effendi Eko Saswito, M.M., menyampaikan nilai SAKIP dari tahun 2014 sampai tahun 2020 di Kota Mataram mengalami peningkatan dari kategori CC menjadi B.

Pada tahun 2014 nilai SAKIP Kota Mataram sebesar 58,1 poin dengan kategori CC, Dengan segala upaya Pemerintah Kota Mataram dapat meningkat dari kategori CC menjadi B pada tahun 2017 sebesar 63,13 poin dan berhasil dipertahankan hingga tahun 2020 dengan poin sebesar 65,76.

Upaya Pemerintah Kota Mataram untuk meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan membangun komitmen melalui:

  1. Melakukan review terhadap indikator dalam RPJMD
  2. Melakukan tahapan cascading ulang terhadap RPJMD
  3. Melakukan pembahasan cascading perangkat daerah secara menyeluruh
  4. Melakukan perubahan terhadap Renstra perangkat daerah dengan titik berat pohon kinerja dan penambahan indikator tujuan yang sebelumnya tidak ada
  5. Dalam mengawal pelaksanaan kinerja hingga evaluasi, Inspektorat tidak hanya melaksanakan evaluasi namun juga melaksanakan pendampingan dan pemantauan terhadap seluruh SKPD.

Dengan Pemanfaatan aplikasi E-SAKIP Kota Mataram dapat melaksanakan evaluadi kinerja secara periodik dengan harapan tercipta budaya kerja yang berorientasi hasil.

Selain itu pemerintah Kota Mataram sudah menyusun Peta Jalan (Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024) yang di dalamnya termasuk rencana aksi sebagai acuan Pemerintah Kota Mataram mereformasi diri dalam melayani masyarakat.

Diakhiri sambutannya Sekretaris Daerah Kota Mataram berharap tetap berupaya dan berkomitmen besar terhadap peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang diyakini akan membawa tata pemerintahan Kota Mataram menjadi lebih baik. (Rnwm)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS