page hit counter
Qualcomm Siap Masuk Pasar Laptop Dengan Snapdragon 8cx Gen3

Qualcomm Siap Masuk Pasar Laptop Dengan Snapdragon 8cx Gen3

Qualcomm Siap Masuk Pasar Laptop Dengan Snapdragon 8cx Gen 3

Jakarta, Wartamataram.com – Setelah memperkenalkan seri terbaru dari chipset smartphone-nya yaitu Snapdragon 8 Gen1, Qualcomm kini menyiapkan chipset untuk perangkat laptop. Dinamakan Snapdragon 8cx Gen3, adalah chipset 5nm pertama untuk laptop Windows-on-ARM.

Ya, selain chip smartphone, Qualcomm kini menggarap chip untuk platform lain, dimulai dengan membuat perangkat untuk laptop dengan Windows OS. Dikatakan, chip ini akan membekali perangkat unggulan karena memiliki konektivitas 5G pada laptop.

Mengutip dari GSMArena, Snapdragon 8cx Gen3 akan hadir dengan penawaran kelas atas. Sampai saat ini pun Qualcomm menyembunyikan secara detail tentang perangkat keras ini, jadi sampai saat ini belum ada kabar secara gambling tentang chipset ini.

Karena sampai saat ini bahwa Snapdragon 8cx Gen 3 ini adalah chipset 5 nm yang pertama di dunia untuk perangkat Windows, jika melihat dari seri sebelumnya chipset ini hanya mampu digunakan untuk Chrome OS. Sedangkan untuk 8cx Gen 2 memiliki 7 nm.

Keuntungan dari kapasitas nanometer semakin kecilnya, jadi nanometer (NM) merupakan satuan ukuran dari processor. Semakin kecil ukuran maka semakin efisien pula kinerja processor tersebut. Jadi, semakin kecil ukuran nanometer pada processor jelas akan memberikan efisiensi yang lebih baik pula.

Qualcomm juga menambahkan chip baru ini  memiliki peningkatan besar-besaran 85% dalam kinerja multi-core dibandingkan dengan pendahulunya, bersama dengan peningkatan 60% dalam kinerja GPU. Maka dari itu performa dari Snapdragon 8cx Gen 3 ini memiliki tiga kali lipat dari chip sebelumnya.

Beberapa kemajuan dari 8cx Gen 3 ini diantaranya adanya modem canggih. Qualcomm akan menawarkan beberapa konfigurasi kepada OEM laptop ketika datang ke 5G dengan modem X65 yang dapat memberikan kecepatan downlink hingga 10 Gbps, X55 yang lebih lama adalah opsi tengah yang mencapai 7,5 Gbps, lalu ada X62 di 4,4 Gbps. Konektivitas lokal termasuk Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E terbaru.

Snapdragon 8cx Gen3 ini diklaim Qualcomm bahwa laptop yang menggunakan chipset ini dapat digunakan tanpa kipas. Namun ungkapan yang aneh dari Qualcomm tentang masa pakai baterai multi-hari, padahal daya tahan baterai laptop tergantung pada masa pemakaian masing-masing laptop.

The post Qualcomm Siap Masuk Pasar Laptop Dengan Snapdragon 8cx Gen3 appeared first on Wartamataram.com.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS