page hit counter
Putra tampan Sukmawati, Paundra: Dukung ibu pindah agama hingga artis calon raja

Putra tampan Sukmawati, Paundra: Dukung ibu pindah agama hingga artis calon raja

Paundrakarna. Foto: Instagram

Fakta-fakta Paundra, putra sulung Sukmawati Soekarno Putri. Pernah jadi artis hingga kini menjadi salah satu kandidat penerus takhta Mangkunegara, Solo.

Hari ini, Sukmawati Soekarno mendeklarasikan  keyakinan barunya sebagai penganut Hindu. Keluarga serta putra dan putri Sukmawati mendukung keputusan ibunya. Keputusan Sukmawati untuk memeluk Hindu sudah dibicarakan kepada keluarga, termasuk Paundra. “Putra-putri beliau ada tiga orang kan. Mendapat persetujuan juga dari kakak dan adik putri Bung Karno yang lain seperti Ibu Mega, Ibu Rahma almarhum, Bapak Guntur, dan Bapak Guruh,” kata Ketua The Soekarno Center, Arya Wedakarna dikutip dari Solopos.com, baru-baru ini.

Sebagai putra sulung Sukmawati, sosok Paundra cukup dikenal publik. Punya paras tampan, seniman tersebut pernah mencicipi dunia akting. Penasaran dengan sosoknya?

Latar belakang pendidikan

Pria bernama lengkap Gusti Pangeran Hariyo (G.P.H) Paundrakarna Jiwo Suryonegoro ini merupakan putra sulung KGPAA Mangkunagoro IX dengan Sukmawati Soekarnoputri. Mengikuti jejak pamannya, Guruh Soekarno, Paundra juga menggeluti dunia seni tari. Ia memiliki rumah produksi tari Adicipta Paundrakarna Production, dikutip dari Suara.com.

Lulus dari SMAN 1 Surakarta pada tahun 1994, ia sempat melanjutkan kuliah desain grafis di Universitas Trisakti pada 1994 tapi memutuskan keluar pada 1995.Pria kelahiran 1977 tersebut lalu melanjutkan pendidikan ke Akademi Komunikasi Indonesia di Yogyakarta jurusan broadcasting dan lulus pada tahun 2000.

Paundra dan ibunya, Sukmawati. Foto: Instagram @aryawedakarna

Jadi artis sinetron

Paundra pernah berakting dalam sinetron Saraswati. Namanya makin melejit saat berperan sebagai Galih dalam sinetron Gita Cinta dari SMA. Bisa ditebak, sinetron ini remake dari film lawas yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Gusman. Dari situ, dia juga tampil di sinetron Perempuan Pilihan dan Kucinta Dia.

Enggak hanya akting, Paundra juga pernah menjajal dunia tarik suara. Dia pernah mengeluarkan album Sebuah Awal pada bulan April 2004. Album perdana yang berisikan 10 lagu menampilkan lagu Galih dan Ratna yang merupakan lagu tema sinetron Gita Cinta dari SMA yang dibintanginya.

Calon raja Solo

Sebagai putra sulung Mangkunegara IX, Paundra masuk dalam kandidat calon penerus takhta Mangkunegaran, Solo. Tapi dia enggan berbicara politik dan lebih tertarik membicarakan seni dan budaya. “Untuk menjadi raja itu bukanlah sebuah kompetisi, bukanlah pemilih legislatif, bukanlah ajang pencitraan, bukanlah dengan kepentingan pribadi yang dilandasi ego dan ambisi pribadi apalagi golongan. Tetapi tidak lain dan tak jua adalah mutlak atas kuasa, atas kasih, atas kehendak, atas rahmat dan bimbingan dari Gusti Allah SWT Tuhan seru sekalian alam beserta para pendahulu,” tulisnya melalui Instagram.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS