page hit counter
Pulang dari RS saat ultah, begini kondisi Tukul Arwana: Masih kaku, tapi…

Pulang dari RS saat ultah, begini kondisi Tukul Arwana: Masih kaku, tapi…

Tukul Arwana. Foto: Instagram

Tukul Arwana sudah kembali ke rumah setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) karena pendarahan otak. Menurut sang manajer, kondisi Tukul Arwana berangsur membaik setelah menjalani berbagai perawatan di rumah sakit walaupun masih dalam proses pemulihan. Dengan kondisi terkini sang pelawak itu, ia diperbolehkan pulang dari rumah sakit sejak hari Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 17.00 WIB.

“Jadi beliau itu sudah pulang dari rumah sakit PON, alhamdulillah sudah diperbolehkan pulang sama dokter itu di tanggal 16 Oktober, Sabtu kemarin, itu sekitar jam 17.00 WIB, dan sampai di rumah itu jam 18.00 WIB,” ungkap manajer Tukul Arwana, Rizky Kimon, ditemui awak media di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (17/10).

Kepulangan Tukul Arwana disambut bahagia sekaligus haru oleh keluarga. Hal ini disebabkan kepulangan pria kelahiran Semarang ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 58 tahun. “Alhamdulillah, momen ulang tahun 16 Oktober 2021 kemarin, dibarengi dengan kepulangan mas Tukul, keluarga semua terharu,” kata Kimon.

Tak hanya keluarga, Tukul Arwana juga sampai menangis haru. Terlebih, anak-anaknya memberi pesta kejutan. “Beliau terharu ya, kita kasih kue dari anak-anaknya, mas Ega dateng dari Surabaya sama istrinya, jadi kita kumpul semua menyambut beliau,” sambungnya.

Kondisi Tukul Arwana pulang dari RS

Pemilik nama asli Riyanto ini disebut sudah dalam kondisi baik. Kendati demikian, Tukul Arwana masih harus rawat jalan fisioterapi. “Kondisi sekarang membaik terus ya, kenapa dibolehkan pulang karena bisa rawat jalan di rumah, bisa fisioterapi di rumah,” jelas manajer Tukul.

Tukul Arwana. Foto: Instagram @tukul.arwanaofficial
Tukul Arwana. Foto: Instagram @tukul.arwanaofficial

Tidak hanya itu, dokter juga menganggap jika di rumah sakit terlalu lama juga tidak bagus. Keputusan dokter untuk memulangkan pasiennya itu karena memikirkan sirkulasi udara yang lebih baik dan dukungan keluarga yang lebih banyak jika dipulangkan ke rumah.

“Alasan diperbolehkan pulang itu pertama memang karena terlalu lama di rumah sakit juga saran dokter tidak sehat, tidak bagus juga, yang kedua memang beliau kalau di rumah itu dapat sirkulasi udara lebih sehat, terus dukungan dari orang-orang terdekat juga lebih banyak, walaupun tetap dibatasi,” tuturnya.

Walaupun  begitu, Tukul tetap diawasi oleh dua perawat selama 24 jam di rumahnya. “Saran dokter ada baiknya melakukan fisioterapi untuk keseluruhan di rumah, karena kebetulan di rumah juga ada dua perawat yang menjaga beliau 24 jam,” sambung Kimon.

“Dia masih lemes, masih kaku, dan masih tetap fisioterapi. Selain 2 perawat, kami juga ada tim fisioterapi. Dia sudah lakukan isyarat, duduk sudah bisa, berdiri masih tetap dibantu perawat,” lanjutnya lagi.

Tukul Arwana dan anaknya, Ega Prayudi. Foto: Instagram
Tukul Arwana dan anaknya, Ega Prayudi. Foto: Instagram

Selain itu, Kimon juga menjelaskan bahwa Tukul saat ini masih belajar untuk berkomunikasi dan menggerakkan anggota tubuhnya. “Kondisi sekarang pastinya terus membaik ya, untuk berkomunikasi dan bicara pasti butuh proses, masih kita ajak interaksi terus, kita dampingi terus, melalui fisioterapi bicara, dan untuk gerakan itu dalam satu hari hampir 3 kali kita melakukan fisioterapi,” tutup Kimon.

Artikel dari Hops.ID

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS