page hit counter
Provinsi NTB Kedatangan 28.760 Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac

Provinsi NTB Kedatangan 28.760 Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac

Berita Mataram – Warga Provinsi Nusa Tenggara Barat harus bersiap diri untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Di tahap awal, sebanyak 28.760 dosis vaksin COVID-19 Sinovac telah tiba di NTB. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr Nurhandini Eka Dewi kepada wartawan.

Dalam kesempatan tersebut, beliau menjelaskan bahwa jumlah dosis vaksin tersebut pada tahap pertama akan diberikan kepada sekitar 14 ribu tenaga kesehatan yang ada di NTB. Setelah itu pada tahap kedua masih akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik barulah kemudian akan menyasar kepada masyarakat umum.

Eka sapaan akrab Kadikes NTB mengatakan bahwa pemberian vaksin tahap pertama akan dilakukan mulai dari bulan Januari hingga Maret 2021 di 31 Rumah Sakit dan 171 Puskesmas di NTB secara serentak. Sedangkan untuk tahap keduanya akan dilakukan setelah pemberian tahap pertama selesai. Hal tersebut disampaikan Eka saat menerima Vaksin Sinovac didampingi oleh Sekretaris Daerah NTB, HL Gita Ariadi di Kantor Dinas Kesehatan NTB di Mataram.

Pemberian vaksin akan difokuskan kepada tenaga kesehatan dan petugas kesehatan setelah melalui proses skrining yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan NTB. Proses skrining tersebut ditujukan untuk memastikan kesehatan calon penerima pasien terbebas dari 12 penyakit yang dilarang menerima vaksin sesuai dengan persyaratan Kementerian Kesehatan RI antara lain hipertensi, HIV dan diabetes melitus.

Selain itu Eka juga menjelaskan bahwa pimpinan negara dan juga daerah akan menjadi orang pertama yang diberi vaksin. “Presiden bahkan Gubernur siap menjadi yang pertama divaksinasi,” kata Eka. Dalam kesempatan tersebut Sekda NTB juga menyatakan siap untuk divaksinasi tahap pertama bersamaan dengan tenaga kesehatan lainnya.

CATEGORIES
TAGS
Share This